Membangun kemitraan antara bank syariah dan nasabah dengan pendekatan costumer relationship management (studi pada Bank Umum Syariah Kota Semarang)

El Junusi, Rahman (2012) Membangun kemitraan antara bank syariah dan nasabah dengan pendekatan costumer relationship management (studi pada Bank Umum Syariah Kota Semarang). Research report (Laporan penelitian). LP2M IAIN Walisongo, Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Rahman_Resume.pdf]
Preview
Text
Rahman_Resume.pdf - Draft Version

Download (389kB) | Preview

Abstract

Perkembangan perbankan syariah yang begitu cepat, tetapi belum diimbangi dengan peningkatan market sharenya. Oleh karena itu diperlukan staretgi peningkatkan market sahre bank syariah dengan mengimplementasikan Costumer Relationship Management (CRM). CRM merupakan staretgi pemasaran yang berfokus pada hubungan/kemitraan antara bank syariah dengan nasabah. CRM diharapkan dapat berpengaruh terhadap kepuasan, kepercayaan, komitmen dan loyalitas nasabah. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi CRM pada bank syariah dan untuk mengetahui pengaruh CRM terhadap kepuasan, kepercayaan, komitmen dan loyalitas nasabah.
Penelitian menggunakan pendekkan kuantitatif, objek penelitian adalah CRM, kepuasan, kepercayaan, komitmen dan loyalitas nasabah. Sedangkan unit yang dianalisis adalah nasabah bank syariah. Lokasi penelitian adalah Bank Umum Syariah Kota Semarang yaitu Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri dan Bank Mega Syariah. Adapun sampel penelitian adalah 180 nasabah yang menggunakan teknik convinence sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan Analisis SEM yang menggunakan program AMOS 4.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM berdasarkan syariah marketing dengan indikator Teistis (rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) humanistis (insaniyyah) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemitraan (kepuasan, kepercayaan, komitmen) antara nasabah dengan bank syariah. Sedangkan CRM berpengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap loyalitas nasabah terhadap bank syariah

Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah; Bank dan Perbankan Islam; Manajemen nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Jun 2015 05:47
Last Modified: 13 Jun 2015 05:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics