Persaingan bisnis pedagang pasar Ganefo Mranggen Demak dalam tinjauan etika bisnis Islam

Hidayah, Novita Sa’adatul (2015) Persaingan bisnis pedagang pasar Ganefo Mranggen Demak dalam tinjauan etika bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 102411101.pdf]
Preview
Text
102411101.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pasar mendapatkan kedudukan yang penting dalam perekonomian Islam. Rasulullah sangat menghargai harga yang dibentuk oleh pasar sebagai harga yang adil. Oleh karena itu, Islam menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan, dan keadilan. Implementasi nilai-nilai tersebut merupakan tanggung jawab bagi setiap pelaku pasar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih pasar Ganefo sebagai obyek penelitian. Alasanya adalah pasar Ganefo merupakan pasar tradisional yang ada di Mranggen dan pasar tradisional adalah tempat yang rentan akan penyimpangan-penyimpangan, seperti penipuan, pengoplosan barang halal dengan barang haram, dan sebagainya.
Rumusan penelitian ini adalah tentang bagaimana persaingan bisnis para pedagang pasar Ganefo dalam tinjauan etika bisnis Islam. Persaingan terkait tempat ,harga, produk dan pelayana.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik yaitu menggambarkan fakta yang ada di lapangan yang diperoleh dari data-data yang diperoleh. Data yang diperoleh adalah data yang memberikan gambaran tentang permasalahan yang berhubungan dengan persaingan bisnis para pedagang pasar ganefo. Kemudian dilakukan analisis mengenai permasalahan tersebut. Guna memperoleh data yang akurat penulis melakukan wawancara dengan para pedagang pasar Ganefo dan observasi ke pasar Ganefo.
Melalui penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persaingan bisnis yang terjadi di pasar Ganefo adalah meliputi persaingan tempat, persaingan harga, persaingan barang dagangan, dan persaingan pelayanan. Kemudian persaingan bisnis yang terjadi di pasar ganefo sebagian sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, terbukti dengan aktivitas-aktivitas persaingan yang terjadi di pasar Ganefo tidak menyimpang dari ajaran Islam, namun masih ada beberapa aktivitas-aktivitas dari pedagang yang menyimpang dari ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Muhammad Saifullah, M. Ag.; H. Johan Arifin, S. Ag., MM.
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Ekonomi Islam; Persaingan bisnis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Aug 2015 10:47
Last Modified: 26 Jun 2021 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics