Etika bisnis mahasiswa ;studi kasus pada mahasiswa prodi Ekonomi Islam angkatan 2011 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang;

Safitri, Ligaya (2015) Etika bisnis mahasiswa ;studi kasus pada mahasiswa prodi Ekonomi Islam angkatan 2011 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang;. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411008.pdf]
Preview
Text
112411008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang etika bisnis Islam mahasiswa FEBI Prodi Ekonomi Islam UIN Walisongo Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi bahwa banyak mahasiswa Prodi Ekonomi Islam angkatan 2011 yang memiliki bisnis. Namun, ada beberapa perilaku bisnis yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnis. Adapun perilaku bisnis yang tidak etis meliputi tidak menepati janji, menutupi kelemahan produk dan akuntabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui etika bisnis mahasiswa Prodi Ekonomi Islam dalam berbisnis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam angkatan 2011 UIN Walisongo Semarang yang memiliki bisnis, konsumen dan pihak Jurusan Ekonomi Islam. sementara data sekunder diperoleh dari arsip dokumen pihak Jurusan Ekonomi Islam UIN Walisongo Semarang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif analisis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa etika bisnis yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Ekonomi Islam angkatan 2011 pada umumnya telah sesuai dengan etika bisnis yang diajarkan dalam Islam yang meliputi seimbang dalam menetapkan harga, menyempurnakan takaran, berkomunikasi dengan ramah, memiliki visi misi yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, tidak melupakan ibadah, bekerja keras serta produk yang dijual tidak termasuk produk yang dilarang dalam Islam. Namun, sebagian masih ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu tidak jujur terhadap asal usul produk, tidak menepati janji, tidak ramah kepada konsumen yang tidak jadi membeli dan belum melakukan pencatatan keuangan (akuntabilitas).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Muhammad Saifullah, M. Ag.; Choirul Huda, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis mahasiswa; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Aug 2015 00:33
Last Modified: 05 Jul 2021 06:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics