Sensual marketing (memasarkan produk dengan menggunakan jasa sales promotion girls) menurut perspektif ekonomi Islam studi kasus pada PT. Smartfren Telecom Cabang Semarang

Ma’mun, Syukron (2015) Sensual marketing (memasarkan produk dengan menggunakan jasa sales promotion girls) menurut perspektif ekonomi Islam studi kasus pada PT. Smartfren Telecom Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 082411077.pdf]
Preview
Text
082411077.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Tentang “Sensual Marketing (Memasarkan Produk Dengan Menggunakan Jasa Sales Promotion Girls) Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Studi ini bertujuan untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan tentang (1) Bagaimanakah pelaksanaan marketing produk dengan menggunakan jasa sales promotion girl di PT. Smartfren Telecom Cabang Semarang? (2) Bagaimanakah perspektif ekonomi Islam memandang penggunaan jasa SPG pada PT. Smartfren Telecom Cabang Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dihimpun melalui observasi dan interview. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu data yang disajikan dengan kata-kata. Selanjutnya dianalisis memakai metode deskriptif dan disimpulkan dengan teknik analisis.
Dalam penelitian ini, praktek menawarkan produk kepada pelanggan, sales promotion girls (SPG) mempunyai trik-trik dalam menawarkan barang, Hal ini dilakukan oleh SPG untuk mendongkrak produk baru dari perusahaan tersebut. Perspektif Ekonomi Islam tentang memasarkan produk dengan menggunakan jasa SPG yang dilakukan dalam sistem pemasaran tidak perbolehkan dalam konteks Islam karena proses yang digunakan dalam sistem ini dilakukan dengan cara lebih menonjolkan dari segi pakaian yang dikenakan sales promotion girl (SPG) yang memperlihatkan auratnya bukan karena kualitas barang yang dijual dalam penawaran tersebut sesuai dengan ketentuan penawaran dalam Islam.
Kepada para pelaku pemasaran khususnya sales promotion girls (SPG) yang di lapangan, diharapkan untuk memperhatikan etika dalam mempromosikan produk. Yang paling utama hendaknya para pelaku usaha, staf-staf dan para karyawan selalu bertumpu pada Al-Qur’an dan As-Sunnah dan sesuai dengan aturan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Musahadi, M. Ag.; Choirul Huda, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Sensual marketing; Sales promotion girls; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Sep 2015 06:14
Last Modified: 29 Jun 2021 04:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4475

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics