Penggunaan systematic approach to problem solving pada materi pokok listrik dinamis terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MA Miftahul Ulum Ngemplak tahun pelajaran 2013/2014

Maghfiroh, Nikmatul (2015) Penggunaan systematic approach to problem solving pada materi pokok listrik dinamis terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MA Miftahul Ulum Ngemplak tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103611013.pdf]
Preview
Text
103611013.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Systematic Approach To Problem Solving pada materi pokok listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain Posttests- Only Control Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X semester II MA Miftahul Ulum Ngemplak, yang terdiri dari empat kelas (X A –X D). Sampel dari penelitian ini adalah kelas X C sebagai kelas eksperimen dan kelas X D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui proses belajar peserta didik kelas X MA Miftahul Ulum Ngemplak. Metode dokumentasi dari nilai Ulangan Tengah Semester kelas X digunakan untuk uji homogenitas populasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui data hasil belajar fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis uji ttest.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar fisika menggunakan Systematic Approach To Problem Solving sebesar 88,07, sedangkan rata-rata hasil belajar fisika pembelajaran konvensional sebesar 68,88. Dari uji ttest dihasilkan bahwa thitung = 4,82, sedangkan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 53 dan taraf signifikansi = 5% = 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Systematic Approach To Problem Solving efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MA Miftahul Ulum Ngemplak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Alis Asikin, M.A.; Wenty Dwi Yuniarti, M. Kom.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Listrik dinamis; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 04:25
Last Modified: 27 Nov 2015 04:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4624

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics