Efektifitas model pembelajaran reciprocal teaching berbasis multiple intelligences (MI) terhadap hasil belajar peserta didik materi getaran, gelombang dan bunyi kelas VIII SMP Assalamah Ungaran

Saida, Lailatus (2015) Efektifitas model pembelajaran reciprocal teaching berbasis multiple intelligences (MI) terhadap hasil belajar peserta didik materi getaran, gelombang dan bunyi kelas VIII SMP Assalamah Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113611003.pdf]
Preview
Text
113611003.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar peserta didik materi getaran, gelombang dan bunyi kelas VIII SMP ASSALAMAH Ungaran Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP ASSALAMAH Ungaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terbagi menjadi dua kelas. Sehingga sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas VIII Al-Hamid sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII Al-Muhtar sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling.
Metode tes (multiple choice test) digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Selain diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan strategi pembelajaran reciprocal teaching berbasis multiple intelligences sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 3,01 sedangkan ttabel = 1,994. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching berbasis multiple intelligences efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching berbasis multiple intelligences pada materi getaran, gelombang dan bunyi efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII semester genap di SMP ASSALAMAH Ungaran tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Multiple Intelligences; Reciprocal Teaching; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:13
Last Modified: 14 Dec 2021 10:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4625

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics