Evaluasi program hafalan juz ‘Amma sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan di MTs Negeri 02 Semarang tahun ajaran 2014/2015

Wijayanti, Fitri (2015) Evaluasi program hafalan juz ‘Amma sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan di MTs Negeri 02 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111049.pdf]
Preview
Text
113111049.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang program hafalan Juz ‘Amma yang sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan di MTs Negeri 02 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya lembaga pendidikan formal yang memberikan pendidikan seimbang antara pendidikan agama untuk menjadi pribadi muslim yang taat dan memahami ajaran agamanya dan sekaligus menguasai sains, pengetahuan umum, dan ketrampilan teknologi yang menjadi bekal dalam percaturan kehidupan di dunia modern.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan program hafalan Juz ‘Amma sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan di MTs Negeri 02 Semarang? (2) Bagaimana hasil (output) yang dicapai dari program hafalan Juz ‘Amma sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan di MTs Negeri 02 Semarang? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat program hafalan Juz ‘Amma sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan di MTs Negeri 02 Semarang?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri 02 Semarang. Subjek penelitian adalah guru BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) dan siswa MTs Negeri 02 Semarang dan objeknya adalah Program Hafalan Juz ‘Amma sebagai Syarat Kenaikan Kelas dan Kelulusan di MTs Negeri 02 Semarang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal yang menjadi pokok bahasan, kemudian dipahami data tersebut, disajikan, selanjutnya dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data.
Hasil Penelitian: (1) Pelaksanaan program tersebut dilaksanakan setiap hari, Senin-Sabtu 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan pada saat pembelajaran BTA dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran. Sedangkan model pembelajaran ini dilaksanakan secara individual dan klasikal. (2) Tingkat ketercapaian target hafalan surat-surat pendek pada Juz ‘Amma yang telah ditetapkan belum mencapai 100%. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang belum menyelesaikan hafalan mereka sesuai dengan target. (3) Faktor pendukung program hafalan Juz ’Amma sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan di MTs Negeri 02 Semarang yaitu: minat dan motivasi siswa yang tinggi, peran madrasah, kondisi keluarga dan lingkungan siswa, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat program yaitu: heterogenitas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak akademi khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Shodiq, M. Ag.; Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Hafalan Juz ‘Amma; Naik kelas; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 10:10
Last Modified: 27 Nov 2015 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4678

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics