Authentic assessment dalam pembelajaran aqidah akhlaq kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Wijayanti, Riya (2015) Authentic assessment dalam pembelajaran aqidah akhlaq kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111083.pdf]
Preview
Text
113111083.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Authentic Assessment dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh munculnya perubahan kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang berupaya menyempurnakan standar penilaian yaitu penilaian autentik. Penilaian ini didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan para peserta didik, yaitu penilaian yang didasarkan pada proses pembelajaran bukan hanya hasil. Penilaian ini juga menitikberatkan pada tiga ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Berbeda dengan penilaian sebelumnya yang hanya menitikberatkan pada aspek pengetahuan saja.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlaq kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang? (2) Bagaimana proses penilaian autentik dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang? (3) Bagaimana analisis hasil penilaian autentik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang? (4) Bagaimana format penilaian autentik dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang? (5) Bagaimana laporan hasil prestasi (rapor) siswa untuk kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri 02 Semarang. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan objeknya adalah Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VII di MTs Negeri 02 Semarang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal yang menjadi pokok bahasan, kemudian dipahami data tersebut, disajikan, selanjutnya dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data.
Hasil penelitian : (1) Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Penilaian autentik dilakukan sebelum proses pembelajaran, selama proses pembelajaran, dan setelah pembelajaran berlangsung. (3) Analisis hasil penilaian, dilakukan oleh guru untuk mengetahui seberapa berhasilkah peserta didik menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru. (4) Format penilaian yang dilakukan adalah guru memasukkan hasil nilai yang diperoleh peserta didik dalam setiap aspek kedalam lembaran daftar nilai per Kompetensi Dasar, kemudian dari daftar nilai per Kompetensi Dasar tersebut dimasukkan ke dalam lembar daftar nilai gabungan dari setiap materi-materi pokok. (5) Dalam laporan hasil penilaian, nilai dimasukkan ke dalam format lembar penilaian, kemudian hasil akhirnya dimasukkan ke dalam pelaporan hasil penilaian (rapor) pada setiap peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak akademi khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Shodiq, M. Ag.; Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pendidikan; Aqidah akhlaq; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 04:54
Last Modified: 24 Nov 2015 04:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics