Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi statistika semester I kelas IX 1 MTs Al Ishlah Pageruyung Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Burhanudin, Nur Latif (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi statistika semester I kelas IX 1 MTs Al Ishlah Pageruyung Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_11351187_Nur_Latif_Burhanudin]
Preview
Text (SKRIPSI_11351187_Nur_Latif_Burhanudin)
11351187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik kelas IX 1 dengan menerapkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar matematika peserta didik kelas IX pada materi statistika kurang dari KKM dan pembelajaran yang diterapkan selama ini masih pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dengan peserta didik kurang aktif dan tidak begitu senang dengan pelajaran matematika
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: apakah penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi statistika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX 1 semester I MTs. Al Ishlah Pageruyung Kendal tahun pelajaran 2014/2015? Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas IX 1 MTs Al Ishlah Pageruyung Kendal dengan jumlah 26 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumen, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, ketuntasan belajar klasikal peserta didik, persentase kegiatan individu maupun kelompok peserta didik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini nilai rata- rata kelas ≥ 70, nilai ketuntasan hasil belajar klasikal ≥ 75 dan nilai rata – rata kegiatan guru ≥ 70.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari pra siklus dengan nilai rata-rata 65,59 dengan ketuntasan belajar klasikal 44,12%, meningkat menjadi 67,21 dengan ketuntasan belajar klasikal 46,15% pada siklus I, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 75,10 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 76,92%.
Berdasarkan hasil analisis data pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar, untuk itu pembelajaran tersebut bisa digunakan dalam strategi menyampaikan materi ajar sehingga peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)dapat menjadi motivasi, inovasi dan variasi dalam pembelajaran. Selanjutnya para guru dapat lebih berkreasi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Team Assisted Individualization; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 06:46
Last Modified: 22 May 2021 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4715

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics