Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap tingkat berfikir kreatif siswa kelas VIII MTs NU 01 Cepiring Kendal pada pokok bahasan garis singgung lingkaran tahun ajaran 2014/ 2015

Yusro, Nailatul (2015) Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap tingkat berfikir kreatif siswa kelas VIII MTs NU 01 Cepiring Kendal pada pokok bahasan garis singgung lingkaran tahun ajaran 2014/ 2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511053_Nailatul_Yusro]
Preview
Text (SKRIPSI_113511053_Nailatul_Yusro)
113511053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas VIII di MTs NU 01 Cepiring Kendal untuk menerapkan materi pra syarat garis singgung lingkaran yaitu teorema Pythagoras serta kebingungan membedakan antara rumus garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran dan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Hal tersebut berdampak pada kesulitan siswa saat dihadapkan dengan permasalahan yang berkaitan dengan garis singgung lingkaran serta siswa kesulitan untuk menyelesaikan soal yang berbeda dari contoh soal yang diberikan. Permasalahan tersebut terjadi karena selama ini siswa mendapatkan konsep terkait garis singgung lingkaran secara instan tanpa mengetahui asal konsep tersebut. Oleh karena itu, dipandang perlu adanya model pembelajaran yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah model pembelajaran inquiry ini efektif terhadap tingkat berpikir kreatif siswa jika diterapkan di kelas VIII MTs NU 01 Cepiring pada pokok bahasan garis singgung lingkaran tahun ajaran 2014/ 2015.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian field research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NU 01 Cepiring semester genap tahun ajaran 2014/ 2015. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dari kelas VIII A sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol dari kelas VIII B sebanyak 31 siswa. Sampel diperoleh dengan cara sampling purposive.
Data dikumpulkan dengan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t antara kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional berbentuk ceramah.
Berdasarkan hasil analisis statistik yang diperoleh dari kelas eksperimen, yaitu kelas yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry, dan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif siswa dari kedua kelas tersebut berbeda secara signifikan yang ditunjukkan dengan hasil hitung > tabel, yaitu Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat berpikir kreatif siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran konvensional yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil angket berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar dan rata-rata hasil angket kelas kontrol sebesar
Hasil perhitungan kedua sampel tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata. Dari perbedaan rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry efektif terhadap tingkat berpikir kreatif siswa kelas VIII MTs NU 01 Cepiring pada pokok bahasan garis singgung lingkaran tahun ajaran 2014/ 2015.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi seorang guru untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir dengan cara menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yang disesuaikan dengan tujuan dan sifat materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Berpikir kreatif; Pembelajaran inquiry; Garis Singgung Lingkaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:22
Last Modified: 22 May 2021 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4734

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics