Penerapan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan power point untuk meningkatkan hasil belajar materi himpunan kelas VII MTs Baitussalam Semarang

Mujoyana, Muchammad (2015) Penerapan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan power point untuk meningkatkan hasil belajar materi himpunan kelas VII MTs Baitussalam Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511084_Muchammad_Mujoyana]
Preview
Text (SKRIPSI_113511084_Muchammad_Mujoyana)
113511084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan power point dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs Baitussalam. Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kelas VII kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika kurang dari KKM. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik tidak berani bertanya mengenai materi yang belum dipahami, bermain sendiri, tidur, berbicara dengan teman sebelahnya, tidak berani mengerjakan soal di depan, belum dapat memahami himpunan, belum dapat menyajikan himpunan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : apakah penerapan model tutor sebaya berbantuan power point pada materi pokok himpunan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs.Baitussalam Semarang tahun pelajaran 2014/2015? .Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII MTs. Baitussalam Semarang dengan jumlah 23 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumen, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik 60,22 dengan ketuntasan belajar klasikal 34,78%, pada siklus I meningkat menjadi 71,3 dengan ketuntasan hasil belajar 60,09% dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 78,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan Power Point dapat meningkatkan hasil belajar, untuk itu pembelajaran tersebut bisa digunakan dalam strategi menyampaikan materi ajar sehingga peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan power point dapat menjadi motivasi, inovasi dan variasi dalam pembelajaran. Selanjutnya para guru dapat lebih berkreasi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Tutor sebaya; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:19
Last Modified: 22 May 2021 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4740

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics