Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan penalaran siswa pada materi sistem pernapasan di MA Al-Muayyad III Tegowanu Grobogan

Lestari, Puji (2015) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan penalaran siswa pada materi sistem pernapasan di MA Al-Muayyad III Tegowanu Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811085.pdf]
Preview
Text
113811085.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Studi awal di kelas XI M.A Al-Muayyad III Tegowanu grobogan menunjukkan bahwa dalam menyelenggarakan proses pembelajaran IPA Biologi guru kurang mengaktifkan siswa. Selain itu penalaran siswa terhadap materi IPA Biologi yang menuntut kemampuan berpikir nalar masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh ketuntasan belajar secara klasikal pada konsep sistem pernapasan pada tahun pelajaran 2013/2014 yang hanya mencapai 25%, oleh karena itu perlu diupayakan agar tingkat penalaran siswa dalam mempelajari konsep sistem pernapasan dapat meningkat.
Berdasarkan hal tersebut diadakan Penelitian Tindakan Kelas di M.A AL-Muayyad III Grobogan dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran konsep sistem pernapasan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA M.A Al- Muayyad III Grobogan tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 12 siswa terdiri 10 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi tiap siklus digunakan untuk menyempurnakan tindakan pada siklus berikutnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran dan pemahaman siswa terhadap konsep sistem pernapasan meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 50% pada siklus I, pada siklus II 83,3%.
Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai dapat disimpulkan bahwa penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan penalaran siswa dalam mempelajari konsep sistem pernapasan.
Kata kunci: Pembelajaran Model Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar siswa Dalam Hal Penalaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Penalaran siswa; Team Assisted Individualization; Sistem pernapasan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 01:41
Last Modified: 20 May 2021 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics