Analisis manajemen pemasaran produk melalui metode integrated marketing communication di Rumah Zakat Kantor Cabang Semarang

Perdana, Dian Adi (2015) Analisis manajemen pemasaran produk melalui metode integrated marketing communication di Rumah Zakat Kantor Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 111311014.pdf]
Preview
Text
111311014.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini fokus terhadap penerapan dan strategi manajemen pemasaran produk di Rumah Zakat kantor cabang Semarang serta membahas faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk yang dimiliki oleh Rumah Zakat kantor cabang Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen pemasaran produk yang melalui metode Integrated Marketing Communication yang menggunakan enam elemen pada metode Integrated Marketing Communication yaitu Advertising, Sales Promotion, Direct Selling, Public Relation, Marketing Interactive dan Personal Selling serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk yang dihadapi oleh Rumah Zakat kantor cabang Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai pendekatan dalam penelitian guna memperoleh data dan menggunakan metode analitik sebagai teknik analisis data. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Penelitian ini yaitu deskriptif yang tidak menggunakan perhitungan, sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang selaku narasumber dan perilaku yang diamati.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Zakat kantor cabang Semarang terintegrasi oleh Rumah Zakat pusat di Bandung dalam penerapan metode Integrated Marketing Communication. Rumah Zakat kantor cabang Semarang menerapkan keenam elemen tersebut untuk memenuhi target tahunan dan memasarkan produk-produk Rumah Zakat yang terkonsep dalam program “Big Smile Indonesia” dengan 4 elemen integrasi sosial yaitu Senyum Juara, Senyum Sehat, Senyum Mandiri dan Senyum Lestari. Rumah Zakat kantor cabang Semarang telah menerapkan metode Integrated Marketing Communication selama kurang lebih 5 tahun dan menghasilkan muzzaki serta mustahiq yang mendukung produk-produk Rumah Zakat kantor cabang Semarang dalam membantu dan mensejahterakan seluruh masyarakat Indonesia melalui bidang Zakat, Infaq dan Shodaqoh. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil data yang diperoleh dari para narasumber di Rumah Zakat kantor cabang Semarang. Namun masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan yaitu dalam pemaksimalan wilayah Jawa Tengah dan khususnya Kota Semarang sebagai Integrated Communited Development Rumah Zakat kantor cabang Semarang. Kemudian konsekuensi yang harus dilakukan oleh tim Rumah Zakat kantor cabang Semarang terhadap pemasaran produk adalah agar lebih meningkatkan service dan jaminan serta trusting yang diberikan kepada para muzzaki ke mustahiq melalui Rumah Zakat kantor cabang Semarang.
Dalam penelitian ini peneliti menemukan hal menarik untuk dibahas lebih mendalam, yaitu Rumah Zakat menjadi satu-satunya Lembaga Bisnis Islam yang bekerja pada bidang ZIS yang telah menerapkan metode Integrated Marketing Communication dalam proses pemasaran produk-produk yang dimiliki oleh Rumah Zakat. Dan hal ini pula menjadi bukti bahwa pemasaran modern pada metode Integrated Marketing Communication bukan hanya dapat diimplementasikan pada perusahaan konvensional skala nasional maupun internasional tetapi metode Integrated Marketing Communication juga dapat dan mampu diterapkan pada lembaga bisnis Islam di Indonesia yang kian hari kian marak dan menjamur di negeri ini.
Hal ini disebabkan karena metode Integrated Marketing Communication memberikan kemudahan dan keluwesan dalam memasang strategi yang jitu dalam memasarkan produk Rumah Zakat kantor cabang Semarang. Dan mampu menjangkau seluruh masyarakat selaku muzzaki dan mustahiq secara komprehensif dan sistematis. Maka dari itu peneliti memiliki beberapa saran untuk manajemen pemasaran produk melalui metode Integrated Marketing Communication yaitu, Wilayah-wilayah yang berpotensi sebagai binaan masyarakat perlu dikelola agar mendapatkan manfaat yang sama dengan masyarakat di daerah binaan yang kini dikelola. Pemerataan penyaluran manfaat merupakan hal terpenting agar tidak ada kesenjangan sosial pada masyarakat di Kota Semarang khususnya dan Jawa Tengah umumnya. Dan hal itu pula merupakan potensi Rumah Zakat cabang Semarang dalam mempertahankan nilai-nilai positif yang telah diraih dari masyarakat. Memperluas kerjasama dengan pihak lain terutama pada program “Senyum Lestari” yang merupakan produk yang kurang diminati para muzzaki. Dengan memaksimalkan produk tersebut Rumah Zakat cabang Semarang akan mampu membantu pemerintah dalam menjaga ekosistem kehidupan alam dan menjaga kelestarian lingkungan Indonesia. Dan meningkatkan pelayanan dan memaksimalkan komunikasi dua arah yang melibatkan Rumah Zakat cabang Semarang dengan muzzaki, Rumah Zakat cabang Semarang dengan mustahik, Rumah Zakat cabang Semarang dengan LAZIS dan BAZIS lainnya, dan Rumah Zakat cabang Semarang dengan pemerintah setempat agar dalam proses pengentasan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat berjalan dengan lancar. Sehingga penyaluran tepat sasaran dan tepat guna dan berdampak pada kepercayaan umat terhadap kinerja yang unggul yang dilakukan Rumah Zakat cabang Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. M. Zain Yusuf, M.M.; Ariana Suryorini, S.E., M.M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Integrated Marketing Communication; Rumah Zakat; Manajemen zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 08:34
Last Modified: 22 May 2021 00:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4759

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics