Pengaruh penerapan metode resitasi terhadap prestasi belajar pelajaran Al-Qur’an Hadits bab ayat-ayat tentang demokrasi kelas X MA NU 05 Gemuh Kabupaten Kendal 2015/2016

Majid, Mukhamad Abdul (2015) Pengaruh penerapan metode resitasi terhadap prestasi belajar pelajaran Al-Qur’an Hadits bab ayat-ayat tentang demokrasi kelas X MA NU 05 Gemuh Kabupaten Kendal 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111070.pdf]
Preview
Text
113111070.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan metode resitasi terhadap prestasi belajar Al-Qur’an hadist pada materi pokok ayat-ayat tentang demokrasi. Kajianya dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pengajaran, bagaimana cara menyajikan materi kepada peserta didik secara baik, sehingga tercipta interaksi edukatif. Kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan metode mengajar membuat peserta didik jenuh, hasilnya upaya peningkatan mutu pengajaran tidak berjalan baik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap prestasi belajar Al-Qur’an hadist bab ayat-ayat tentang demokrasi kelas X MA NU 05 Gemuh tahuun pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA NU 05 Gemuh. MA tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mengetahui pengaruh penerapan metode resitasi terhadap prestasi belajar Al-Qur’an hadist bab ayat-ayat tentang demokrasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen true eksperimental design jenis pretest-posttest control group design, dalam bentuk ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 62, karena kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Kelas A diberi metode pengajaran resitasi disebut kelas eksperimen, dan kelas B menggunakan metode konvensional disebut kelas kontrol. Datanya diperoleh dengan cara dokumentasi dan tes. Semua data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Hasil uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikan α = 5% diperoleh t_hitung (4,898) ≥t_tabel (1,671) maka H_oditolak. Dari sini dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai pada materi pokok ayat-ayat tentang demokrasi dengan menggunakan metode Resitasi akhir kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai akhir kelas kontrol dengan metode konvensional.
Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai test akhir kelas eksperimen = 73,81 dan kelas kontrol = 66, 39. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Resitasi berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Al-qur’an Hadits materi pokok ayat-ayat tentang demokrasi kelas X MA NU 05 Gemuh tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Drs. Muslam, M. Ag., M. Pd.; Dr. Shodiq, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pendidikan agama Islam; Metode resitasi; Prestasi belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Feb 2016 08:59
Last Modified: 24 Feb 2016 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5024

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics