Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) matematika kurikulum 2013 kelas X semester 1 tahun ajaran 2014/2015 di MAN Babakan Tegal

Nurzain, Lutfiyah (2015) Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) matematika kurikulum 2013 kelas X semester 1 tahun ajaran 2014/2015 di MAN Babakan Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511018Lutfiyah_Nurzain]
Preview
Text (SKRIPSI_113511018Lutfiyah_Nurzain)
113511018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana orisinalitas RPP matematika kelas X semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 di MAN Babakan Tegal, (2) Bagaimana hasil analisis RPP matematika kelas X semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 di MAN Babakan Tegal berdasarkan standar Kurikulum 2013, dan (3) Kendala apa saja yang dialami guru matematika kelas X di MAN Babakan Tegal dalam penyusunan RPP. Permasalahan tersebut diteliti melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MAN Babakan Tegal dengan jenis penelitian kualitatif, dan metode penelitiannya content analysis. Data diperoleh melalui beragam teknik pengumpulan data, diantaranya kuesioner, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pendekatan fenomenologi dan analisis deskriptif. Kemudian data diuji keabsahannya melalui uji credibility (termasuk triangulasi sumber, waktu, dan teknik pengumpulan data), transferability, dependability, dan confirmability.
Dari hasil analisis diperoleh 3 (tiga) jawaban atas rumusan masalah. Pertama, RPP yang digunakan oleh guru sebagai pedoman pembelajaran matematika kelas X semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 di MAN Babakan Tegal tidak orisinil karena RPP tidak dibuat oleh guru sendiri, RPP merupakan hasil mengedit dari RPP yang di-download, dan RPP merupakan hasil mengedit RPP milik teman. Kedua, hasil analisis RPP milik guru matematika kelas X di MAN Babakan Tegal yakni NF dan QR menunjukkan skor 32,93 dan 53,42 sehingga RPP termasuk kategori kurang sesuai standar Kurikulum 2013. Ketiga, kendala yang ditemui guru dalam penyusunan RPP antara lain karena pelatihan Kurikulum 2013 baru dirasakan oleh sebagian guru matematika saja, distribusi buku terlambat, guru merasa bekal pemahaman tentang Kurikulum 2013 belum cukup, guru beranggapan bahwa menyusun RPP Kurikulum 2013 itu tidak mudah, pihak sekolah hanya memberi silabus, dan terdapat alasan pribadi.
Melalui penelitian ini, harapannya semua guru matematika pada umumnya dan guru matematika di MAN Babakan Tegal pada khususnya dapat belajar dari hasil penelitian RPP Kurikulum 2013 ini. Agar di kemudian hari, guru semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); Kurikulum 2013; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:46
Last Modified: 22 May 2021 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics