Gaya belajar dan faktor pengaruhnya terhadap pencapaian prestasi belajar IPA terpadu siswa kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak tahun pelajaran 2015/2016

Mar’ah, Anisatul (2015) Gaya belajar dan faktor pengaruhnya terhadap pencapaian prestasi belajar IPA terpadu siswa kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811022.pdf]
Preview
Text
113811022.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ketuntasan prestasi belajar menjadi tolak ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran. Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa hendaknya dibutuhkan pembelajaran yang efektif dengan metode pembelajaran yang bervariasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe gaya belajar yang dominan pada siswa terhadap pencapaian prestasi belajar IPA Terpadu serta faktor yang mempengaruhinya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian gabungan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak dengan objek penelitian siswa kelas VIII tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 91 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 91 siswa kelas VIII MTs Sultan Fatah terdapat tiga tipe gaya belajar yang dominan muncul pada siswa yaitu visual, auditorial dan kinestetik. Tipe gaya belajar siswa terbanyak adalah gaya belajar visual. Pencapaian prestasi belajar dari ketiga tipe gaya belajar yang paling berhasil di kelas VIII.1 dan VIII.3 adalah tipe auditorial dan di kelas VIII.2 adalah kinestetik. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan gaya belajar siswa terhadap pencapaian prestasi belajar IPA Terpadu yaitu: kondisi fisik siswa, strategi dan metode serta media pembelajaran, minat dan motivasi siswa, jeda waktu, fasilitas pendukung pembelajaran, suasana kelas serta tingkat kedisiplinan dan ketertiban siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar; Prestasi belajar; IPA terpadu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 05:45
Last Modified: 20 May 2021 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5170

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics