Persepsi masyarakat tentang acara infotainment Insert di Trans TV (studi kasus di Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak)

Mustaqim, Nuril (2011) Persepsi masyarakat tentang acara infotainment Insert di Trans TV (studi kasus di Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 051211069.pdf]
Preview
Text
051211069.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Insert! (Informasi selebritis), tayangan infotainment andalan Trans TV. Rating yang tinggi untuk tayangan infotainment ini menunjukan bahwa acara ini merupakan salah satu acara infotainment favorit pemirsa tanah air. Di sebut-sebut, acara infotainment Silet dan Insert merupakan dua teratas rating tertinggi jajaran acara infotainment tanah air. Berita yang di bawakan dalam acara ini memang tak jauh berbada dengan tayangan infotainment sejenisnya., yaitu berita dan gosip yang sedang hot dibicarakan. Namun yang membedakan tayangan infotainment ini dengan yang lainnya adalah komentar-komentar pedas yang di lontarkan oleh host-nya, membuat penikmat gosip merasa semakin hot dengan berita yang disajikan. Ditambah lagi penampilan host wanitanya yang selalu tampil sexy di setiap penampilannya. Kontroversi mengenai tayangan Infotainment sempat menjadi isu hangat dimasyarakat beberapa waktu terakhir. Sejumlah pihak, seperti organisasi-organisasi agama, menjustifikasi acara tersebut sebagai acara ghibah (menggunjing keburukan orang) yang seharusnya tidak dikonsumsi masyarakat.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana persepsi masyarakat Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak tentang program acara Infotainment Insert di Trans TV dan bagaimana pandangan dakwah tentang persepsi masyarakat Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.
Penelitian film Perempuan Berkalung Sorban bertujuan untuk mengetahui mengetahui persepsi masyarakat Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak tentang acara Infotainment Insert di Trans TV dan pandangan dakwah tentang persepsi masyarakat Desa Ngelokulon kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Dalam melakukan analisis persepsi, diperlukan sebuah metodologi penelitian yang sesuai agar nantinya dapat mengungkap proses persepsi yang terjadi. Maka dari itulah penulis menggunakan metodelogi kualitatif yang bersifat deskriptif dengan analisis Uses and Gratifications..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak ditunjukkan dalam dua jenis persepsi, yaitu persepsi positif dan negatif. Persepsi positif yang ada dalam diri warga Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen dipengaruhi oleh beberapa pemikiran mereka, yaitu bahwa program tayangan tersebut: a. menarik, Menarik, karena acara ini mencoba menyajikan tayangan gosip yang dikemas dengan gaya yang berbeda dari acara-acara yang lain. Seperti halnya, pembawa acaranya yang seru, lucu dan seksi menjadi daya tarik tersendiri. b. Menghibur, karena banyak dari warga Desa Ngelokulon merasa terhibur dengan hostnya, dan juga bisa menjadi hiburan saat waktu-waktu luang Selain persepsi positif dari hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan beberapa orang, juga terdapat persepsi yang termasuk dalam kategori persepsi negatif. Jika dianalisis dari hasil wawancara yang ada, maka persepsi negatif yang muncul dari beberapa warga Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen ini cenderung lebih banyak disebabkan karena acara Insert terlalu berlebihan dan terlalu menambah-nambahi dalam pemberitaan maupun gaya bahasanya. Selain itu juga acara Insert terlalu membuka aib-aib selebritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Infotaiment; Televisi dan masyarakat; Sosiologi jurnalistik
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 01 Apr 2016 07:36
Last Modified: 29 May 2021 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics