Studi korelasi antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang tahun ajaran 2014/2015

Mu’min, Saeful (2015) Studi korelasi antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111084.pdf]
Preview
Text
113111084.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi korelasi antara prestasi belajar pendidikan agama islam dengan keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang tahun ajaran 2014/2015. SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang merupakan sekolah yang menerapakan sistem pendidikan Islam seperti pendidikan di Madrasah Tsanawiyah. Salah satu bidang pendidikan dan pengajaran adalah Pendidikan Agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pun diperluas guna mewujudkan siswa yang Islami, seperti aqidah akhlak, qur’an hadist, sejarah kebudayaan Islam, fiqh dan Aswaja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang? (2) Bagaimana keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang? (3) Apakah terdapat korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Prestasi belajar Pendidikan gama Islam siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang. (2) Keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang. (3) Adakah korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 61 siswa diambil dari 25% dari jumlah populasinya yaitu 509 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data variable X yaitu prestasi belajar PAI dan menggunakan angket untuk memperoleh data Variabel Y yaitu keaktifan ibadah siswa.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistic deskriptif, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa:
1. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang tahun ajaran 2014/2015 dalam kategori cukup. Hal ini dapat di lihat dari hasil analisis yang menunjukan nilai mean 80,13 yaitu berada pada interval 77 - 81.
2. Keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang dalam kategori cukup, Hal ini dapat di lihat dari hasil analisis yang menunjukan nilai mean 76,28 yaitu berada pada interval 71 - 80.
3. Tidak terdapat hubungan yang positif antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan keaktifan beribadah siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang. Berdasarkan pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r observasi adalah 0,191 berada di bawah r table pada taraf 5% sebesar 0,244 dan taraf 1% sebesar 0,317.
Dengan demikian hasilnya dinyatakan non signifikan dan hipotesis yang diajukan Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan melihat hasil penelitian, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak terutama bagi guru dan orang tua wali siswa, untuk lebih meningkatkan perhatian, pengawasan dan bimbingan terhadap siswa-siswi di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Sudjai, M. Ag.; Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag/
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Pendidikan agama Islam; Keaktifan beribadah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Apr 2016 08:40
Last Modified: 07 Apr 2016 08:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics