Pendidikan holistik dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam (studi analisis pemikiran Amie Primarni dalam buku Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna)

Harni, Harni (2015) Pendidikan holistik dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam (studi analisis pemikiran Amie Primarni dalam buku Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111110.pdf]
Preview
Text
113111110.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan holistik menurut Amie Primarni. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konsep pendidikan holistik menurut Amie Primarni dalam buku Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna? (2) Bagaimana relevansi pendidikan holistik menurut Amie Primarni dengan tujuan pendidikan Islam? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan yang datanya diperoleh dari karya Amie Primarni yang berhubungan dengan pendidikan holistik dan wawancara. Semua data penelitian dianalisis menggunakan metode content analysis.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan holistik Islami bertujuan mengakomodir seluruh kecerdasan manusia yang meliputi kecerdasan intelektual, emosi, fisik dan spiritual untuk memberdayakan manusia seutuhnya. Dengan menjadikan peran tauhid sebagai titik sentral penyatu semua elemen manusia, dan puncak dari pendidikan individu tersebut adalah spiritualitas yang mampu meningkatkan kapasitas iman, ilmu, dan amal setiap manusia. (2) Pendidikan holistik Islami relevan dengan tujuan pendidikan Islam yakni mencetak manusia sempurna yang bermuara pada pendekatan kepada Allah serta dalam rangka menjalankan peran sebagai khalifah di muka bumi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. M. Erfan Soebahar, M. A.; Ahmad Muthohar, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan holistik; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:45
Last Modified: 08 Apr 2016 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5303

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics