Analisis keterampilan generik sains (pengamatan langsung dan tak langsung) peserta didik SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada praktikum larutan penyangga dengan menggunakan diagram VEE

Hidayati, Emi (2014) Analisis keterampilan generik sains (pengamatan langsung dan tak langsung) peserta didik SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada praktikum larutan penyangga dengan menggunakan diagram VEE. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093711006.pdf]
Preview
Text
093711006.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang akan dipraktikumkan. Hal ini menyebabkan keterampilan generik sains khususnya keterampilan generik sains pengamatan yang peserta didik miliki kurang muncul secara optimal. Padahal dalam sebuah praktikum data hasil pengamatan merupakan suatu hal yang penting untuk membuat kesimpulan hasil praktikum. Data hasil pengamatan yang mendekati benar didapat dari keterampilan generik sains yang baik. Keterampilan generik sains yang baik akan muncul jika praktikan memahami konsep praktikum yang akan dilakukan.
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi keterampilan generik sains pengamatan langsung dan tak langsung peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada praktikum larutan penyangga menggunakan diagram vee.
Analisis deskriptif penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif pemusatan data dan penyebaran data. Dari analisis penyebaran data diperoleh modus atau nilai yang sering muncul adalah 10 (dari skor maksimal 15) dengan frekuensi kemunculan sebanyak 10 kali, nilai tengah atau median adalah 11 yang dapat dibaca bahwa 50% peserta didik memiliki nilai keterampilan generik sains pengamatan langsung dan tak langsung kurang dari 11 dan 50% peserta didik memiliki nilai keterampilan generik sains pengamatan langsung dan tak langsung lebih dari 11 sedangkan mean atau rata-rata sebesar 10,83 merupakan nilai yang berada pada predikat baik. Untuk rata-rata tiap aspek keterampilan didapat data terendah pada aspek ketepatan mentera volume yaitu sebesar 1,77 dan data tertinggi pada aspek melengkapi tabel sesuai pengamatan yaitu sebesar 2,70. Adapun analisis penyebaran data menggunakan uji normalitas uji Chi-Kuadrat χ2 dengan dk = k – 1 dan taraf signifikan 5% menghasilkan χhitung lebih kecil dari χtabel yaitu χhitung 4,94 < χtabel 11,07 sehingga data keterampilan generik sains pengamatan langsung dan tak langsung berdistribusi normal. Analisis penyebaran data selanjutnya menggunakan rentang interkuartil. Dari analisis ini didapatkan rentang interkuartil sebesar 2 dengan nilai ekstrim negatif yaitu 5.
Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan diagram vee mampu mengoptimalkan keterampilan generik sains pengamatan langsung dan tak langsung peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2013/2014 pada praktikum larutan penyangga dengan rata-rata nilai keterampilan generik sains pengamatan langsung dan tak langsung sebesar 10,83 yang termasuk dalam predikat baik. Simpulan penelitian ini semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan guru dalam pelaksanaan pembelajaran serta peserta didik dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Atik Rahmawati, Lulu Choirunnisa
Uncontrolled Keywords: Generik sains ,larutan penyangga, diagram VEE
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 549 Mineralogy
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:24
Last Modified: 07 Apr 2016 01:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics