Analisis pengaruh reputasi perusahaan dan kompetensi tenaga marketing terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa asuransi pada AJB Bumiputera Syari’ah Semarang

Shalekhah, Nada Rofiatus (2015) Analisis pengaruh reputasi perusahaan dan kompetensi tenaga marketing terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa asuransi pada AJB Bumiputera Syari’ah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411013.pdf]
Preview
Text
112411013.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya ekonomi syari’ah islam di Indonesia, saat ini banyak lembaga keuangan yang menerapkan prinsip syari’ah di Indonesia tak terkecuali di Semarang. Terdapat sebuah perusahaan Asuransi yang terletak di pusat Kota Semarang. Asuransi ini memiliki produk-produk yang membawa nilai syari’ah. Segala bentuk kegiataan bisnis yang dilakukan oleh asuransi ini mencerminkan nilai islami. Asuransi merupakan suatu perjanjian antara tertanggung atau nasabah dengan penanggung atau perusahaan asuransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kompetensi Tenaga Marketing terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Asuransi pada AJB Bumiputera Syari’ah Semarang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif diamana terdapat dua variabel yaitu reputasi perusahaan dan kompetensi tenaga marketing sebagai variabel bebes (independent) dan keputusan nasabah menggunakan jasa sebagai variabel terikat (dependent). Dengan menggunakan sumber data diantaranya, data primer, data sekunder, populasi dan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi data atau yang berupa catatan-catatan dan menyebar angket (kuesioner) kepada sejumlah responden dan sebagainya. Serta menggunakan alat ukur validitas dan reabilitas untuk mengukur kevalidan dan reliable, selanjutnya menggunakan metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel bebas dan variabel terikat secara simultan dan parsial, yaitu variabel reputasi perusahaan dan kompetensi tenaga marketing terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa, dengan menggunakan uji hipotesis berupa uji T yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana variabel-variabel bebas yang digunakan secara parsial mampu menjelaskan variabel terikat. uji F yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana variabelvariabel bebas yang digunakan secara simultan mampu menjelaskan variabel terikat. Dan koefisien determinasi yang mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel dependen. Dari hasil penelitian tersebut, dilihat secara parsial dengan uji T bahwa reputasi perusahaan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan t hitung (8,814) >t table (1,992). Selanjutnya dalam uji pengaruh secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa reputasi perusahaan dan kompetensi tenaga marketing signifikan terhadap nilai F hitung sebesar (124,19). Dan secara koefisien determinasi menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel keputusan nasabah dipengaruhi oleh perubahan variabel bebas reputasi perusahaan dan kompetensi tenaga marketing sebesar 76,4%. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat bermanfaat kepada semua pihak terutama dalam meningkatkan minat nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, M.M.; Choirul Huda, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Reputasi perusahaan; Kompetensi tenaga marketing; Keputusan nasabah; Asuransi Syari'ah
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 02 May 2016 07:08
Last Modified: 09 Jul 2021 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5492

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics