Strategi pemasaran produk Sigadis pada BMT Al Hikmah dalam meningkatkan jumlah anggota

Rahmawati, Ristiana Ella (2016) Strategi pemasaran produk Sigadis pada BMT Al Hikmah dalam meningkatkan jumlah anggota. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 132503032.pdf]
Preview
Text
132503032.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

BMT AL HIKMAH adalah lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dari anggota yang mempercayakan dananya disimpan di BMT dan menyalurkan dana kepada anggota yang diberikan pinjaman oleh BMT. Dalam menyalurkan dananya kepada anggota, BMT mengunakan produk salah satunya produk sigadis yaitu simpanan gadai syariah yang menggunakan akad rahn dalam pelaksananya. Anggota sangat penting dalam kegiatan oprasional BMT. Perkembangan suatu BMT dapat dilihat dari jumlah anggotanya. Pengenalan suatu produk kepada konsumen atau masyarakat memberikan peluang yang signifikan dalam menarik calon anggota. Hal ini sebagai tantangan BMT AL HIKMAH dalam berbisnis agar bisa bersaing dengan BMT bahkan Bank lainya yang semakin kompetitif dalam meningkatkan jumlah anggotanya. Dari latar belakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian yang berjudul “Strategi Pemasaran Produk Sigadis pada BMT AL HIKMAH dalam Meningkatkan Jumalah Anggota”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran Produk Sigadis pada BMT AL HIKMAH dalam Meningkatkan Jumlah Anggota.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research ) yang menggambil objek di BMT AL HIKMAH. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi langsung, dan studi documenter berupa nota jasa sigadis, dan data sekunder berupa buku-buku kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian dan Tugas Akhir yang telah dibuat oleh mahasiswa studi D3 Perbankan Syariah UIN WAlisongo Semarang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BMT AL HIKMAH untuk meningkatkan jumlah anggota antara dengan cara meningkatkan variasi produk gadai dengan penerapan teknologi-teknologi terbaru, meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota dengan menyuguhkan pelayanan yang professional, menjalin kerjasama mikro ataupun perbankan syariah, memperkuat cirri khas produk dengan berbasis gadai syariah, meluruskan niat bahwa dalam memasarkan gadai syariah merupakan salah satu bagain penting dari serangkaian perjuangan menegakan hukum Allah, sistem jemput bola yaitu dimana para petugas langsung datang kerumah atau ke pasar-pasar agar lebih leleusa dalam menjelaskan produk sigadis, budaya kerja yaitu mengedepankan nilai-nilai spiritual yang diajarkan Rasulullah SAW (siddiq, amanah, tablig, dan fatanah), melakukan ifen-ifen tertentu seperti donor darah atau bazaar untuk menarik minat anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Nadzir, S. HI., MSI.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 Oct 2016 06:42
Last Modified: 17 Oct 2016 06:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics