Korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI NU 65 Gebanganom Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal tahun ajaran 2015/2016

Mustafidah, Imroatul (2016) Korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI NU 65 Gebanganom Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113911022.pdf]
Preview
Text
113911022.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa Kelas V MI NU 65 Gebanganom Rowosari Kendal tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah terdapat hubungan antara kemampuan membaca Al-Quran dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas V MI NU 65 Gebanganom Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal tahun ajaran 2015/2016?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan tehnik korelasi. Tehnik korelasi digunakan untuk menguji hipotesis guna menemukan hubungan antara dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI NU 65 Gebanganom Rowosari Kendal dengan jumlah 20 responden. Pengumpulan data menggunakan tes membaca Al-Qur’an untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an (X) dan dokumen untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V (Y).
Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik, Pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus Product Moment. Penelitian ini menunjukkan bahwa: Kemampuan membaca Al-Qur’an yang dimiliki siswa rata-rata nilainya adalah 79, yaitu 11 siswa memiliki nilai kemampuan membaca Al-Qur’an di atas rata-rata dan 9 siswa memiliki nilai kemampuan membaca Al-Qur’an di bawah rata-rata. Dari nilai rata-rata tersebut, rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an yang dimiliki siswa termasuk dalam kategori “baik”. Hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang dimiliki siswa rata-ratanya adalah 74, yaitu 10 siswa memiliki hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di atas rata-rata dan 10 siswa memiliki hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di bawah rata-rata. Dari nilai rata-rata tersebut, rata-rata hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang dimiliki siswa termasuk dalam kategori “cukup”. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa rxy = 0,945, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0,444 dan ttabel pada taraf signifikan 1% = 0,561. Ini berarti bahwa rxy lebih besar dari rtabel. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Quran dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas V MI NU 65 Gebanganom Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan belajar; Membaca Al-Quran; Hasil belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Nov 2016 01:46
Last Modified: 03 Jul 2021 05:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics