Efektifitas metode ceramah plus menyanyi terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW kelas III di MI Miftahus Syibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016

Faiqoh, Alina Aunun (2016) Efektifitas metode ceramah plus menyanyi terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW kelas III di MI Miftahus Syibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_123911021_Alina_Aunun Faiqoh]
Preview
Text (Skripsi_123911021_Alina_Aunun Faiqoh)
123911021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektifitas metode ceramah plus menyanyi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW kelas III di MI Miftahus Syibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Kajiannya dilatar belakangi oleh peserta didik di MI Miftahus Syibyan Semarang kurang memahami manfaat apa yang diperoleh dari mempelajari sejarah karena mereka hanya memandang pembelajaran sejarah hanya berisi hafalan tentang tahun kejadian, nama-nama tokoh, dan peristiwa yang terjadi tanpa mengambil hikmah didalamnya, sehingga terdapat 30% peserta didik yang tidak lulus meskipun dengan KKM 60. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan metode ceramah plus menyanyi lebih efektif daripada metode konvensional dalam pencapaian hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik pada materi sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW kelas III di MI Miftahus Syibyan tahun ajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MI Miftahus Syibyan Semarang. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. KelasIII A merupakan kelas eksperimen dan kelas III B merupakan kelas kontrol. Kelas III A terdiri dari 16 peserta didik dan kelas III B terdiri dari 15 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang terjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi.
Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan metode menyanyi dan juga untuk kelas yang menggunakan metode konvensional.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t. berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh t_hitung = 0,648, sedangkan t_tabel = 2,05. Karena t_hitung>t_tabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode menyanyi lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 73,43 dan kelompok kontrol = 69,66 juga dapat disimpulkan bahwa metode ceramah plus menyanyi efektif terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi sejarah kelahiran dan sislilah Nabi Muhammad SAW kelas III di MI Miftahus Syibyan tahun ajaran 2015/2016.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode ceramah plus menyanyi lebih baik dari pada metode konvensioanal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Prestasi belajar; Sejarah kebudayaan islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 05:35
Last Modified: 12 Jun 2021 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6186

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics