Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat id kelas IV MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tahun 2015/2016

Nurhuda, Zaidun (2016) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat id kelas IV MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Shalat Id Kelas IV MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun 2015/2016, 2) Untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Materi Shalat Id dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun 2015/2016.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus.
Hasil penelitiaan mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Dari 38 siswa pada siklus I ketuntasan mencapai 73% dan kemudian pada tahap siklus II mengalami peningkatan sebesar 14 % menjadi 87 %. Pada siklus III meningkat 10.3 % dan ketuntasan 97,3 %. Dengan demikian, indikator keberhasilan belajar ketuntasan siswa sebesar 90 % atau nilai KKM sebesar 75 sudah terpenuhi, jadi siklus dihentikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Dec 2016 04:25
Last Modified: 03 Jul 2021 07:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6244

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics