Fungsi Pendidikan Agama dalam Pembinaan Toleransi Beragama Siswa di SMPN 23 Semarang Tahun 2012-2013

Musayidin, Ahmad (2013) Fungsi Pendidikan Agama dalam Pembinaan Toleransi Beragama Siswa di SMPN 23 Semarang Tahun 2012-2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083111135_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111135_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 083111135_Bab1.pdf]
Preview
Text
083111135_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 083111135_Bab2.pdf]
Preview
Text
083111135_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 083111135_Bab3.pdf]
Preview
Text
083111135_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 083111135_Bab4.pdf]
Preview
Text
083111135_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 083111135_Bab5.pdf]
Preview
Text
083111135_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 083111135_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111135_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana Fungsi Pembelajaran Pendidikan Agama dalam Pembinaan Toleransi Beragama Siswa di SMPN 23 Semarang Tahun 2012-2013
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Metode diskriptif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Metode ini mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat beserta tatacara yang berlaku di dalamnya, situasi-situasi tertentu, termasuk hubungan, kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan serta proses yang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data, sesuai dengan sifat data yang dikumpulkan yaitu data deskriptif, maka analisis yang peneliti gunakan adalah analisis non statistik atau disebut juga dengan analisis isi (content analysis) menganalisis menurut isinya.
Dalam pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di SMPN 23 Semarang telah sesuai dengan UU SISDIKNAS Tahun 2003 pasal 12 ayat 1(a) karena Pada saat pelajaran agama dilaksanakan para siswa dipisahkan sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan guru yang seagama pula. Di SMPN 23 Semarang sendiri sudah mempunyai tiga guru agama yaitu guru Pendidikan Agama Islam, Kristen dan Katolik. Fungsi Pembelajaran Pendidikan Agama dalam Pembinaan Toleransi Beragama Siswa di SMPN 23 Semarang untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama; Toleransi Agama;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:22
Last Modified: 09 Dec 2013 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics