Peningkatan hasil belajar fiqih materi sholat fardhu menggunakan model pembelajaran Student Teams Achivment Divisions (STAD) di kelas II MI Sultan Fatah Bintoro Demak tahun 2016

Rubaiah, Ana (2016) Peningkatan hasil belajar fiqih materi sholat fardhu menggunakan model pembelajaran Student Teams Achivment Divisions (STAD) di kelas II MI Sultan Fatah Bintoro Demak tahun 2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Halaman depan.pdf]
Preview
Text
Halaman depan.pdf - Accepted Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Additional Metadata

Download (975kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya untuk meningkatkan hasil belajar Fikih Materi Salat Fardhupada siswa kelas IIMI Sultan Fatah Bintoro Demak Tahun 2016. Ini dilatar belakangi oleh sedikitnya siswa kelas II yang memiliki nilai di bawah KKM yang ditentukan madrasah. Data awal yang peneliti peroleh di lapangan dari hasil ulangan siswa,terdapat 20 siswa (62,5%) dari jumlah total 32 siswa kelas IIMI Sultan Fatah Bintoro Demak yang mendapat nilai kurang dari KKM yaitu 70. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi shalat fardhu pada siswa kelas II MI Sultan Fatah Bintoro Tahun 2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yangdilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan,tindakan, observasi dan refleksi.Data penelitian diperoleh melalui metode tes, observasidi kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data dari madrasah.Dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan ataupenurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikihmateri salat fardhu di kelas IIMI Sultan Fatah Bintoro Demak Tahun 2016.Hal ini ditunjukkan dengan dengan nilai tiap siklusnya. Kondisi awal pra siklus terdapat 20 siswa (62,5%) yang memperoleh nilai di bawah KKM, sementara 12 siswa (37,5%) yang memperoleh nilai di atas KKM, dan nilai rata-rata 51,25. Pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 22siswa (68,75%) dan siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM adalah 10siswa vi (31,25%), dan nilai rata-rata 72,4. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi, jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 30 siswa (93,75%) sedangkan yang masih di bawah KKM adalah 2 siswa (6,25%), dan nilai rata-rata 81,25. Prosentase yang 93,75% ini sudah melebihi indikator yang ditentukan yaitu jumlah siswa yang mencapai nilai KKM madrasah mencapai 80% dari seluruh jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motifasi dan sebagai bahan masukan bagi para tenaga pendidik. Dan diharapkan menjadi bahan pengalaman peserta didik untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi shalat fardhu. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Shalat fardhu; Metode pembelajaran; Student Teams Achivment Divisions (STAD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Jun 2017 06:02
Last Modified: 04 Dec 2021 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7005

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics