تطبيق طريقة الغناء باستخدام كتاب "نظم مفردات البيئة العربية" لترقية استيعاب المفردات العربية لتلاميذ الصّف الثّامن"ب" في المدرسة المتوسطة المحمّدية ١سمارانج (سنة 2014-2015)

Nisa, Malihatun (2014) تطبيق طريقة الغناء باستخدام كتاب "نظم مفردات البيئة العربية" لترقية استيعاب المفردات العربية لتلاميذ الصّف الثّامن"ب" في المدرسة المتوسطة المحمّدية ١سمارانج (سنة 2014-2015). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 103211026_Malihatun_Nisa.pdf]
Preview
Text
103211026_Malihatun_Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan dan hasil belajar bahasa Arab khususnya pada penguasaan mufrodat arabiyah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Semarang .
Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari observasi awal dan dokumentasi untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini di antaranya adalah rata-rata kelas minimal mencapai 70 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%.
Berdasarkan hasil observasi awal pada pra siklus diperoleh data bahwa keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sebelum menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi hanya 49,16% dan persentase ketuntasan klasikal hanya 45,83% dengan rata-rata kelas sebesar 60,63.
Dari hasil penelitian, pada siklus 1 keaktifan peserta didik mencapai 67,5% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan rata-rata 71,77 Sedangkan pada siklus 2 keaktifan peserta didik naik 17,5 poin dari keaktifan sebelumnya menjadi 85% dan persentase ketuntasan klasikal pun naik 16,6 poin menjadi 91,6% dengan rata-rata kelas mencapai 79,12.
Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Arab khususnya penguasaan mufrodat arobiyah peserta didik kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Kosa kata; Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Nov 2017 08:54
Last Modified: 30 Nov 2017 08:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7543

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics