Pengembangan multimedia pembelajaran (lectora inspire) berbasis multiple level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan

Rizqiyah, Putri (2017) Pengembangan multimedia pembelajaran (lectora inspire) berbasis multiple level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi dengan rendahnya
pemahaman konsep peserta didik pada tiga level representasi kimia
serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru. Padahal
pemahaman tiga level representasi tersebut merupakan dasar untuk
memahami kimia. Untuk itulah tiga level representasi kimia perlu
diwujudkan dalam media pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini
untuk menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis multiple level
representasi (MLR) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian
ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R
n D), dengan model Thiagarajan dkk (1974) yaitu model 4-D yang
diadaptasikan menjadi 4-P meliputi tahap pendefinisian, perencanaan,
pengembangan, dan penyebaran. Model 4-P dipilih karena lebih
sistematis. Akan tetapi pada tahap penyebaran tidak dilakukan.
Deskripsi protetipe produk multimedia pembelajaran yaitu slide
beranda, slide petunjuk penggunaan tombol, slide Standar
Kompetensi/Kompetesi Dasar (SK/KD), slide indikator, slide tujuan
pembelajaran dan slide materi. Multimedia yang dikembangkan
menggunakan softwere lectora inspire. Hasil uji kualitas multimedia
pembelajaran yang diperoleh dari penilaian validator ahli materi
dengan kategori Sangat Baik (SB) pada persentase 91,5% dan validator
ahli media dengan kategori Baik (B) pada persentase 77,5%. Sedangkan
hasil tanggapan peserta didik terhadap kualitas multimedia
pembelajaran dengan kategori sangat baik (SB) pada persentase 85,1%.
Dari hasil validasi dan tanggapan peserta didik terhadap multimedia
pembelajaran ini, diperoleh kesimpulan bahwa multimedia
pembelajaran layak digunakan dan diuji lebih lanjut pada kelas besar
untuk mengetahui keefektifannya, baik terhadap hasil belajar maupun
penguasan konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Multimedia; Multiple level representasi (MLR); Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; Lectora Inspire
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 06 Jun 2018 08:26
Last Modified: 06 Jun 2018 08:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7844

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics