Strategi pembelajaran PAI bagi peserta didik tunagrahita di SD Suryo Bimo Kresno Semarang

Fadlilah, Siti (2017) Strategi pembelajaran PAI bagi peserta didik tunagrahita di SD Suryo Bimo Kresno Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1400018039_Tesis.pdf]
Preview
Text
1400018039_Tesis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diberikan pada peserta didik tunagrahita membutuhkan strategi pembelajaran secara khusus. Hal ini disebabkan peserta didik tunagrahita memiliki hambatan, kesulitan dan keterbelakangan perkembangan mental dan intelektual yang berbeda dengan peserta didik normal. Oleh karena itu pemilihan strategi dalam pembelajaran harus memerhatikan masing-masing karakteristik peserta didik tunagrahita.
Rumusan masalah dalam tesis ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita di SD Suryo Bimo Kresno Semarang?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (natural setting) dengan pendekatan analisis deskriptif, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan tahapan penyaringan data, penyajian data dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita di SD Suryo Bimo Kresno Semarang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu strategi dalam membuat perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam membuat perencanaan pembelajaran disamakan antara tunagrahita ringan, sedang dan berat. Adapun strategi dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dibedakan antara peserta didik tunagrahita ringan, sedang dan berat. Bagi peserta didik tunagrahita ringan dan sedang dapat dilakukan secara bersama, tetapi bagi tunagrahita berat membutuhkan perhatian khusus dan bimbingan khusus, bahkan membutuhkan shadow yang dapat membantu guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); Tunagrahita
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:32
Last Modified: 05 Oct 2018 00:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8379

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics