Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar kognitif pendidikan agama Islam pada aspek aqidah dan fiqih siswa SMP Negeri 32 Semarang

Sulistyaningsih, Desy (2018) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar kognitif pendidikan agama Islam pada aspek aqidah dan fiqih siswa SMP Negeri 32 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI KOMPLIT.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 32 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang salah satunya dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri 32 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Datanya diperoleh dengan cara membagikan angket dan test pilihan ganda. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 32 Semarang yang berjumlah 323 siswa, dengan sampel 75responden. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian di analisis dengan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa SMP Negeri 32 Semarang. Dari hasil perhitungan regresi menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil perhitungan regresi diperoleh harga Freg= 45,781 dan F tabel= 3,972. Jika dibandingkan maka Freg>Ftabel, maka H_0 ditolak karena ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar kognitif pendidikan agama islam pada aspek aqidah dan fiqih siswa SMP Negeri 32 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi (_Y^^) = 37,888 + 0,560X. Dengan sumbangan relative (kontribusi R2) yang diperoleh R2 = 38,5. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar kognitif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada aspek aqidah dan fiqih siswa SMP Negeri 32 Semarang adalah sebesar 38,5%. Selebihnya yaitu 61,5% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan; Belajar; Prestasi belajar; Aspek kognitif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 17 Dec 2018 06:37
Last Modified: 17 Dec 2018 06:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8816

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics