Pengaruh strategi marketing mix terhadap keputusan konsumen dalam memilih MTs Al Wathoniyyah

Hidayah, Nur (2018) Pengaruh strategi marketing mix terhadap keputusan konsumen dalam memilih MTs Al Wathoniyyah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of lengkap.pdf]
Preview
Text
lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Saat ini persaingan antar madrasah sangatlah ketat untuk menarik keputusan konsumen agar memilih madrasah yang sesuai, setiap madrasah memiliki strategi pemasaran yang beragam dengan produk yang berkualitas, menawarkan harga pendidikan yang terjangkau, pemilihan lokasi yang strategis, dan promosi yang menarik khususnya di MTs Al Wathoniyyah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi jasa pendidikan secara parsial dan bersama-sama terhadap keputusan konsumen dalam memilih MTs Al Wathoniyyah?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian berjumlah 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Dari hasil perhitungan produk pendidikan terhadap keputusan konsumen sebesar 17,2%, harga pendidikan terhadap keputusan konsumen sebesar 16,3%, lokasi pendidikan terhadap keputusan konsumen sebesar 20,3 %, tempat pendidikan terhadap keputusan konsumen sebesar 17%. Produk, harga, tempat dan promosi pendidikan secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen sebesar 14,62% (signifikan). Disarankan pihak MTs Al Wathoniyyah: membuat program- program baru yang lebih unggul dibanding dengan madrasah lain, layanan ekstrakulikuler yang baik, meningkatkan layanan tempat parkir, memberikan potongan biaya kepada siswa yang berprestasi unggul, melakukan perencanaan yang kuat serta memilih strategi yang tepat dan taktik mengenai pemasaran dalam jasa pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Marketing mix; Promosi; Jasa pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:33
Last Modified: 25 Jan 2019 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics