Analisis pengaruh Islamic branding dan nilai religiusitas terhadap keputusan konsumen muslim dalam pemilihan hotel : studi kasus pada Hotel Semesta Semarang

Hidayati, Dwi Alvin (2018) Analisis pengaruh Islamic branding dan nilai religiusitas terhadap keputusan konsumen muslim dalam pemilihan hotel : studi kasus pada Hotel Semesta Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026204_Dwi Alvin Hidayati_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1405026204_Dwi Alvin Hidayati_lengkap)
BISMILLAH SKRIPSI BENAR NEW PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan semakin berkembangnya Ekonomi Syariah di Indonesia, saat ini banyak Lembaga yang menerapkan prinsip Syariah dalam menjalankan usahanya seperti Perbankan Syariah, Asuransi Syariah, hingga sektor bisnis di bidang Perhotelan yang menerapkan prinsip Syariah. Di Semarang terdapat Hotel Semesta yang terletak di JL. KH. Wahid Hasyim 125-127 Kranggan Semarang. Hotel Semesta memberikan pelayanan dan fasilitas yang mencerminkan nilai islami dan bernuansa religi. Dalam hal ini seperti semua karyawan Hotel muslim, menyediakan makanan dan minuman yang halal, ketersediaan sarana ibadah pada Hotel Semesta Semarang. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah (1) Apakah Islamic Branding berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen Islam dalam pemilihan Hotel Semesta Semarang. (2) Bagaimana pengaruh Nilai Religiusitas terhadap Keputusan Konsumen Islam dalam pemilihan Hotel Semesta Semarang. (3) Bagaimana pengaruh Islamic Branding dan Nilai Religiusitas terhadap keputusan Konsumen Islam dalam pemilihan Hotel Semesta Semarang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel Islamic Branding terhadap keputusan konsumen islam dalam pemilihan hotel semesta semarang. Untuk mengetahui variabel Nilai Religiusitas terhadap keputusan konsumen islam dalam pemilihan hotel semesta semarang. Untuk mengetahui variabel pengaruh Islamic Branding dan Nilai Religiusitas terhadap minat keputusan konsumen Islam dalam pemilihan hotel semesta semarang. Hasil Penelitian diperoleh (1) Islamic Branding tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen islam dalam pemilihan Hotel Semesta Semarang. Hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai T hitung lebih kecil dari T tabel yaitu (-1,765) > (-2,012). Dengan demikian Ho diterima yaitu Islamic Branding tidak berpengaruh terhadap keputusan Konsumen Islam. Berdasarkan dari hasil uji T menggambarkan bahwa Islamic Branding dalam Hotel Semesta Semarang tidak menjadi acuan utama pengunjung Hotel memilih Hotel tersebut. (2) Nilai Religiusitas tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen islam dalam pemilihan Hotel Semesta Semarang. Hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai T hitung lebih kecil dari pada T tabel yaitu (1,691) < (2,012). Dengan demikian Ho diterima yaitu Nilai Religiusitas tidak berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen. Berdasarkan dari hasil uji T menggambarkan bahwa Nilai Religiusitas dalam Hotel Semseta Semarang tidak menjadi acuan utama pengunjung Hotel memilih Hotel tersebut. (3) Islamic Branding dan Nilai Religiusitas berpengaruh terhadap keputusan Islam dalam pemilihan Hotel Semesta Semarang. Hasil olah data SPSS uji F diatas dapat diketahui yaitu bahwa F hitung (3,284) > F tabel (3,19) jadi hipotesis nol ditolak. Kesimpulannya Islamic Branding dan Nilai Religiusitas secara bersama sama berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen. Dari hasil olah data SPSS uji R dapat diketahui dari output tabel diatas bahwa nilai R adalah sebesar 0,085. Maka dapat disimpulkan bahwa sumbangan pengaruh dari variabel independen yaitu 8,5% sedangkan sisanya sebesar 91,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keputusan konsumen; Perilaku konsumen; Religiusitas; Islamic branding
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:23
Last Modified: 21 Jul 2021 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics