Strategi pemasaran produk simpanan sukarela (SIRELA) di KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang

Kirom, Muhammad Zainul (2018) Strategi pemasaran produk simpanan sukarela (SIRELA) di KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS AKHIR.pdf]
Preview
Text
TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

SIRELA adalah simpanan yang menggunakan akad Wadi’ah Yad Dhamanah sehingga penyimpan dana dapat mengambil dana tersebut setiap saat. Di sisi lain, KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang dapat menggunakan dana tersebut.Agar produk tersebut diminati oleh masyarakat, maka pihak KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang perlu mempunyai strategi yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang dalam memasarkan produk.Untuk agar produk ini diminati oleh masyarakat perlu adanya strategi pemasaran yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud meneliti bagaimana strategi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analistis.
Dari penelitian ini dihasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Strategi pemasaran dalam produk simpanan sukarela (SIRELA) pada KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang adalah sebagai berikut: a). strategi produk menggunakan akad Wadi’ah Yad Dhamanah yang merupakan dana yang boleh dikelola oleh lembaga,b). Strategi harga dengan biaya yang murah, c). Strategi tempat dengan pasar sasaran para pelaku usaha baik pedagang maupun pembeli di pasar, masyarakat umum dan sekolah-sekolah, d). Strategi promosi yang dilakukan yaitu menggunakan sistem jemput bola, menyebarkan brosur-brosur, promosi melalui sosial media, dan melalui mulut ke mulut. Kedua, hambatan secara internal yaitu dari sumber daya manusia, kurangnya pemahaman karyawan tentang produk SIRELA, dan minimnya biaya promosi. Hambatan secara eksternal, persaingan dalam kompetisi pemasaran dengan KSPPS lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Simpanan; Akad wadi’ah yad dhamanah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:24
Last Modified: 05 Jun 2021 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics