Strategi pemasaran jemput bola produk Simpanan Ummat pada KSPPS BMT Marhamah Wonosobo Cabang Leksono

Iman, Titis Fajar (2018) Strategi pemasaran jemput bola produk Simpanan Ummat pada KSPPS BMT Marhamah Wonosobo Cabang Leksono. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL.pdf]
Preview
Text
FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Marhamah Leksono merupakan lembaga keuangan syariah yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan atau deposito, serta menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. Salah satu prduk tabungan yang ada di KSPPS BMT Marhamah Leksono adalah produk tabungan Simpanan Ummat.Produk tersebut merupakan produk yang memiliki jumlah anggota yang paling banyak.Salah satu anggota atau pengguna produk Simpanan Ummat adalah para pedagang yang ada di Pasar Tradisonal Leksono.Untuk mendapatkan dan mempertahankan jumlah anggotanya pihak BMT memilih melakukan pelayanan berupa jemput bola selama dua hari dalam satu minggu. Memperhatikan hal tersebut, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “ STRATEGI PEMASARAN JEMPUT BOLA PRODUK SIMPANAN UMMAT (Studi kasus pada KSPPS BMT Marhamah Wonosobo Cabang Leksono).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diperoleh dari data primer dan sekunder, dengan pengumpulan data secara observasi, dokumentasi dan wawancara.Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan memberikan deskripi tentang subjek yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan dalam upaya mendapatkan dan mempertahankan jumlah anggota di Pasar Tradisonoal Leksono addalah dengan cara melakukan pendekatan langsung kepada para anggota maupun calon anggota dengan cara melakukan penawaran secara intensif agar menggunakan produk Simpanan Ummat serta mengembangkan startegi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat dan promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Jemput bola; Simpanan ummat; Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 23 Feb 2019 02:46
Last Modified: 05 Jun 2021 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9080

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics