Arifah, Dwi Nor (2018) Evaluasi strategi marketing door to door dalam meningkatkan loyalitas anggota di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA LENGKAP.pdf]
Preview
Text
TA LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang terletak dilokasi yang cukup strategis dengan lokasi yang dekat dengan pasar maupun mayoritas penduduk yang memiliki usaha. Namun disamping itu KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang juga memiliki pesaing maka salah satu strategi yang dilakukan KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang untuk mempertahankan anggotanya dengan memberikan pelayanan marketing terbaik adalah dengan strategi marketing door to door. Strategi marketing door to door disini merupakan bagian dari strategi bauran pemasaran yang berada pada promosi, dimana promosi adalah salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka memasarakan produk. Adapun pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan strategi marketing door to door dalam meningkatkan loyalitas anggota dan implikasi pelaksanaan strategi marketing door to door dalam meningkatkan loyalitas anggota di KSPPS Arthamadina.
Jenis penelitian Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research). Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif.
Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan strategi marketing door to door yaitu marketing sebelum terjun kelapangan menentukan tujuan dan daerah yang akan dikunjungi serta sesuatu yang harus dipersiapkan sebelum terjun ke lapangan, dan setelah itu marketing langsung terjun ke lapangan. Implikasi pelaksanaan marketing door to door sangat berpengaruh terhadap jumlah anggota sehingga banyak anggota yang tetap menggunakan produk dari KSPPS Arthamadina yang menunjukkan anggota tetap loyal terhadap KSPPS Arthamadina serta bertambahnya jumlah anggota baru dari tahun ke tahun yang cukup signifikan dan calon anggota yang nantinya akan menjadi anggota. Sedangkan untuk evalusi yang harus diperbaiki oleh marketing yaitu dalam hal penyebaran brosur harus tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan calon anggota dan anggotanya, marketing harus memahami lebih dalam lagi mengenai jenis pembiayaan dan simpanan yang terdapat di KSPPS Arthamadina, Pihak marketing tidak boleh merasa jemu dan mengeluh dengan anggota meskipun jumlah setoran tabungan yang disetorkan oleh anggota memiliki nominal yang sedikit, dan banyaknya sasaran tempat yang harus didatangi oleh marketing, akan membuat marketing menjadi tidak fokus ke dalam sasaran ruang lingkupnya dan menimbulkan keterlambatan dalam mendatangi setiap anggotanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Marketing; Door to Door; Loyalitas nasabah; KSPPS
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:34
Last Modified: 05 Jun 2021 06:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics