Pengaruh pelatihan sabar terhadap penurunan agresivitas siswa SMK Palapa Semarang

Layyinah, Ihda Nurul (2018) Pengaruh pelatihan sabar terhadap penurunan agresivitas siswa SMK Palapa Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404046073.pdf]
Preview
Text
1404046073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Agresivitas merupakan segala bentuk perbuatan, baik fisik maupun lisan yang menyakiti atau merugikan orang lain. Agresivitas juga terjadi di kalangan pelajar atau remaja, seperti membuat kericuhan, melakukan perkelahian, hingga pembunuhan. Masa remaja merupakan masa transisi (peralihan) dari kehidupan kanak-kanak ke kehidupan orang dewasa yang ditandai oleh perubahan fisik, psikis, maupun sosial. Perubahan-perubahan tersebut seringkali menimbulkan gejolak jiwa dan fisik, sehingga remaja cenderung untuk melakukan agresivitas.
Secara umum, agresivitas dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor dari luar dan faktor dari dalam. Akan tetapi, faktor dari luar tidak akan menyebabkan agresi jika tidak ada keinginan atau kecenderungan dari dalam diri seseorang untuk melakukan agresi. Sedangkan sabar adalah menahan diri dari menuruti hawa nafsu serta tabah dan tenang dalam menghadapi ujian atau cobaan. Maka sabar merupakan suatu sikap diri yang sesuai untuk mengatasi agresivitas, yaitu dengan cara menahan diri dari keinginan hawa nafsu yang mendorong seseorang melakukan perilaku agresif. Hal ini menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pelatihan Sabar terhadap Penurunan Agresivitas Siswa SMK Palapa Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan sabar terhadap penurunan agresivitas siswa SMK Palapa Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ada perbedaan penurunan agresivitas pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol” dan “ada pengaruh pelatihan sabar terhadap penurunan agresivitas siswa SMK Palapa Semarang”
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas X TKJ-1 dan X RPL-1 SMK Palapa Semarang. Dari 32 siswa, 16 siswa sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa pelatihan sabar dan 16 siswa lainnya sebagai kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan sama sekali. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala agresivitas dan analisis data menggunakan Uji-T dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 18 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan penurunan agresivitas antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai probabilitas pada Sig. (2-tailed) sebesar 0,027<0,05 yang diperoleh melalui hasil uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan agresifvitas yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan dengan nilai probabilitas atau Sig. sebesar 0,013<0,05 yang diperoleh melalui uji Paired Samples T-Test. Dengan demikian kedua hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Agresivitas; Pelatihan sabar; Siswa SMK
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Apr 2019 05:15
Last Modified: 19 Jun 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9276

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics