Pengembangan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat untuk mengungkap miskonsepsi peserta didik kelas X materi redoks

Aisy, Ziyadatul (2018) Pengembangan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat untuk mengungkap miskonsepsi peserta didik kelas X materi redoks. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123711035.pdf]
Preview
Text
123711035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi dapat menghambat dan berdampak negatif bagi peserta didik. Adanya miskonsepsi pada peserta didik perlu dideteksi untuk menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah belajar. Salah satu cara untuk mendeteksi adanya miskonsepsi yang dialami peserta didik adalah dengan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat dan uji butir soal pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat yang dikembangkan terdiri atas kisi-kisi soal, petunjuk pengerjaan soal, soal tes berjumlah 24 soal, kunci jawaban, lembar jawab, pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi tes. Rata-rata skor uji validitas oleh dosen ahli mencapai 3,4 (valid). Hasl uji butir soal didapatkan reliabilitas sebesar 0,826, tingkat kesukaran soal mudah (13 soal), sedang (25 soal), sukar (2 soal), serta daya pembeda soal baik (5 soal) dan cukup (18 soal). Berdasarkan validasi dosen ahli dan uji butir soal, instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat dinyatakan layak digunakan untuk mendeteksi adanya miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat; Miskonsepsi; Pembelajaran kimia; Evaluasi pembelajaran; Redoks
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:05
Last Modified: 18 Apr 2019 04:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9305

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics