Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X antara yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP umum di SMKN 4 Semarang

Fitriani, Vella Sufah (2018) Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X antara yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP umum di SMKN 4 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam? (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum? (3) Apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas X antara yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan tes untuk memperoleh data kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas x yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif.Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis uji perbedaan/uji-t independent. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa:
1. Dari analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai tertinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam adalah 84 dan nilai terendah 65 dengan nilai rata-rata sebesar 74,553 dalam kategori “Baik” yaitu terletak dalam interval 75-77.
2. Dari analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai tertinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum adalah 75 dan nilai terendah 51 dengan nilai rata-rata sebesar 63,4dalam kategori “Baik” yaitu terletak dalam interval 63-66.
3. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis hipotesis dihasilkan nilai t hitung sebesar 9,091. Nilai t hitung sebesar 9,091tersebut lebih besar dibanding nilai t tabel sebesar 1,992 pada tingkat kepercayaan taraf 5% (t = 9,091>t(0,05;76) = 1,992) dan nilai t hitung sebesar 9,091 tersebut juga lebih besar dibanding nilai t tabel sebesar 2,642 pada tingkat kepercayaan pada taraf 1% (t = 9,091>t(0,01;76) = 2,642), jika t hitung lebih besar atau sama dengan nilai t tabel maka terima Ha dan tolak Ho. Berarti antara variabel Y1 (kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belaang pendidikan SMP Islam) dan variabel Y2 (kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum) terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum di SMKN 4 Semarang terdapat perbedaan yang signifikan.Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam lebih baik karena banyak yang mengikuti rohis, dimana dalam rohis juga terdapat kegiatan membaca Al-Qur’an, jadi karena merekasebelumnya sudah banyak mendapat ilmu tentang membaca Al-Qur’andi MTs maupun SMP Muhammadiyah, ditambah di lingkungan rumah belajar membaca Al-Qur’an, mereka menjadi semakin baik dalam membaca Al-Qur’annya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca Alquran; Siswa SMK
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:09
Last Modified: 30 Apr 2019 04:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9361

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics