Pengaruh persepsi siswa tentang hukuman terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2018/2019

Abidin, Bakhtiyar (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang hukuman terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lingkungan Sekolah MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal sudah menerapkan tata tertib dalam pembelajaran. Seluruh siswa harus mematuhi dan mentaati tata tertib dengan tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar, tetapi dilapangan ada siswa yang mematuhi aturan yang berlaku dan ada siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah. Apabila siswa melanggar tentu ada hukuman yang diterima. Dalam pengaruh terhadap kedisiplinan belajar, hukuman dipandang sebagai suatu cara yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinkan siswa. Faktanya, sekolah-sekolah di negara indonesia masih banyak yang menggunakan hukuman sebagai suatu alat untuk mendisiplinkan siswa di sekolah, meskipun pada kenyataannya pandangan tersebut tidak selalu memberikan hasil positif, tetapi biarpun demikian, tiap-tiap hukuman pedagogis mengandung maksud sama, yakni bertujuan untuk memperbaiki watak dan kepribadian siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang hal tersebut dengan mengambil judul: “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Hukuman Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal”. Berangkat dari latar belakang masalah di atas, dapat penulis kemukakan pokok masalah yang dikaji dalam skripsi ini. yaitu: 1) Seberapa tinggi persepsi siswa tentang hukuman di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal? 2) Seberapa tinggi kedisiplinan belajar siswa kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal? 3) Apakah persepsi siswa tentang hukuman berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik korelasi product moment sebanyak 59 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk memperoleh data variabel (X) dan variabel (Y). Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemberian Hukuman di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal termasuk kategori Sedang dengan nilai rata-rata 53,797 berada dalam interval nilai 50 – 58 , 2) Kedisiplinan belajar siswa Kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai rata-rata 57,380 berada dalam interval nilai 54 – 60. 3) Berdasarkan uji hipotesis diketahui persepsi siswa tentang hukuman memiliki pengaruh yang positif tehadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi dan korelasional bahwa hukuman memiliki pengaruh positif dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI, yaitu sebesar 0,620, sehingga pada taraf signifikan 5% didapatkan rt 0,256. Karena > , maka hasilnya signifikan. Hal itu juga dibuktikan dengan persamaan garis regresi = 28,976 + 0,528 X dengan hasil Freg sebesar 35,512. Karena Freg hasil lebih besar dari Ft baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,01, maka hasilnya juga menunjukkan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama bagi MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal terutama bagi siswa dan lingkungan sekitar. Kepada semua pihak yang berkaitan dengan MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal diharapkan mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Kedisiplinan; Hukuman; Metode belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 May 2019 07:55
Last Modified: 14 May 2019 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics