Arifiyanto, Ahmad Eko (2019) Analisis aplikasi iklan berhadiah berbasis smartphone perspektif konsep pemasaran syariah : studi kasus Cashtree. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Internet menjadi kebutuhan sehari-hari akan infomasi, komunikasi, hiburan, dan lain-lain. Dari sini peluang perusahaan untuk menyampaikan komunikasi dan promosinya begitu luas. Melalui halaman diinternet pesan komunikasi dan promosi perusahaan akan dapat menyampaikan pesan dalam bentuk teks, suara, grafik, foto, dan video yang menjadi instrumen komersial diinternet.
Pada kasus ini terdapat aplikasi iklan dengan menawarkan hadiah yang memberikan imbalan berupa nominal kepada pengguna aplikasi ketika melihat iklan, memasang aplikasi, memberi rating, registrasi dan lain-lain. Aplikasi cashtree sudah di unduh lebih dari 8 juta pengguna smartphone dengan rating rata-rata 4,1 yang merupakan rating yang cukup baik dan di respon positif oleh penggunaya. Sebagai perusahaan biro iklan selalu mengkreasikan periklanan yang semenarik mungkin agar mendapat perhatian masyarakat. Dalam usahanya mempromosikan advertiser atau perusahan pengiklan aplikasinya membuat berbagai macam penawaran-penawaran yang menggiurkan seperti dengan memberikan hadiah pulsa gratis, undian berhadiah, bermain game, hiburan dan lain-lain.
Dalam Islam salah satu kegiatan manusia yang merupakan bentuk ibadah adalah praktik bisnis (muamallah). Praktik bisnis sudah dilakukan pada zaman Nabi. Untuk aturan yang lebih rinci mengenai praktik pemasaran maka manusia diberi keleluasaan untuk memiliki peraturan yang sifatnya fleksibel serta berpegang teguh pada norma - norma agama Islam yang telah termaktub dalam Al-quran dan Hadits.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan analisi deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pegumpulan data secara wawancara mendalam, observasi, baik itu langsung dan tak langsung dan dikung data- data sekunder dan ditambah dokumentasi tertulis maupun gambar.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada analisis bauran pemasaran syariah pada cashtree pada strategi produk terdapat konten yang kurang sesuai dengan prinsip pemasaran syariah yaitu pada tebak o/x, dan permainan Sic bo, Capsa susun, Domino qiu qiu, Texas poker, dan Sam gong pada undian samsung j7 prime apabila melakukan top up dan horoskop. Dalam strategi harga pada penetapan harga pada limited shop, fashion shop, dan smartphone harganya diatas rata-rata harga pasar. Strategi promosi sudah sesuai denga prinsip pemasaran syariah. Strategi tempat sudah sesuai dengan prinsip pemasaran syariah baik dalam tempat maupun distribusinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran syariah; Cashthree; Aplikasi iklan; Smartphonbe
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 14 May 2019 08:01
Last Modified: 14 May 2019 08:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9596

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics