Pengaruh kualitas produk dan harga jual mebel minimalis terhadap keputusan pembelian masyarakat di Sentra Kampoeng Sembada Ukir Jepara : studi kasus di Desa Petekeyan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara

Tusa'adah, Mu'lina (2019) Pengaruh kualitas produk dan harga jual mebel minimalis terhadap keputusan pembelian masyarakat di Sentra Kampoeng Sembada Ukir Jepara : studi kasus di Desa Petekeyan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Melihat perkembangan mebel di kota Jepara yang saat ini terjadi sedang melemah, salah satunya gejala yang paling mencolok dalam perkembangan ekonomi yang berlangsung kurang memadai. Banyak para pengusaha mebel yang mengeluh dengan tingginya harga bahan baku kayu dan permintaan para konsumen yang menurun drastis. Sehingga para pengusaha mebel banyak melakukan produksinya dengan kualitas bahan baku kayu yang berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga jual terhadap keputusan pembelian mebel minimalis di sentra kampoeng sembada ukir. Serta menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian mebel minimalis.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif dimana terdapat dua variabel yaitu kualitas produk dan harga jual sebagai variabel independent dan keputusan pembelian sebagai variabel dependent, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, menyebar angket (kuesioner) kepada sejumlah responden dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan metode analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial dan simultan, yaitu kualitas produk dan harga jual terhadap keputusan pembelian.
Dari hasil penelitian tersebut, dilihat secara parsial uji t bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada masyarakat kampoeng sembada ukir dengan nilai thitung -0,668 hal ini berarti masyarakat kampoeng sembada ukir tidak memandang kualitas produknya melainkan kecocokan untuk memilikinya. Untuk variabel harga jual berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 2,30 hal ini berarti masyarakat kampoeng sembada ukir memiliki kecocokan harga jual mebel minimalisnya. Sedangkan dalam uji secara simultan dengan uji F menunjukkan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung 2,830 dan secara koefisien determinasi menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel bebas kualitas produk dan harga jual sebesar 17,3%. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat bermanfaat kepada semua pihak terutama dalam meningkatakan keputusan pembelian pada mebel minimalis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk; Harga; Keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 16 May 2019 05:37
Last Modified: 16 May 2019 05:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9599

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics