Hubungan antara perhatian peserta didik terhadap program tahfidz dengan motivasi menghafal juz ‘amma di kelas 3 MI Miftahul Athfal Kecamatan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2017/2018

Ma'unnah, Nuril (2018) Hubungan antara perhatian peserta didik terhadap program tahfidz dengan motivasi menghafal juz ‘amma di kelas 3 MI Miftahul Athfal Kecamatan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program tahfidz merupakan suatu kegiatan yang dirancang untuk mempelajari al-Qur’an dengan cara menghafalnya. Tantangan menghafal al-Qur’an di era digital pada masa ini adalah munculnya berbagai program menarik seperti game yang terdapat dalam gadget yang dapat mengalihkan perhatian peserta didik dari menghafal al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut MI Miftahul Athfal membuat program tahfidz yang memberikan pembiasaan kepada peserta didik untuk menghafal al-Qur’an, yaitu Juz ‘Amma. Dengan adanya pembiasaan, maka akan tumbuh rasa cinta kepada al-Qur’an yang akan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menghafal al-Qur’an khususnya Juz ‘Amma.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program tahfidz terhadap motivasi menghafal Juz ‘Amma peserta didik kelas 3 MI Miftahul Athfal Kecamatan Tugu Kota Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 3 yang berjumlah 19 anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis statistik, karena data yang diperoleh berupa angka-angka. Adapun pengujian hipotesis menggunakan korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan rumus Product moment didapatkan hasil r_(hitung )= 0,4638 dengan dikonsultasikan pada r_(tabel )pada taraf signifikasi 5% = 0,456 karena r_(h ) lebih besar dari r_(t ) (r_(h )>r_(t ) ) maka signifikan sehingga hipotesis diterima, yaitu adanya hubungan antara program tahfidz dengan motivasi menghafal Juz ‘Amma peserta didik kelas 3 MI Miftahul Athfal Kecamatan Tugu Semarang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program tahfidz; Motivasi menghafal Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:47
Last Modified: 29 May 2021 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9780

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics