Hubungan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan budi pekerti dengan akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019

Nahiroh, Mimin Labiqotin (2019) Hubungan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan budi pekerti dengan akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memaparkan 3 permasalahan antara lain: Pertama, bagaimana hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019. Kedua, bagaimana akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019. Ketiga, adakah hubungan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dengan akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan atau korelasi serta berapa besar presentase kontribusi yang diberikan antara hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dengan akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019.
Adapun metode penelitian ini memerlukan beberapa hal yaitu desain penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam skripsi ini terdapat 2 macam, yaitu hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dan akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dikarenakan jumlah populasinya kurang dari 100 yaitu berjumlah 33 orang, maka peneliti mengambil seluruh jumlah populasi. Kemudian sumber data yang diambil yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Di samping itu penulis juga menggunakan metode pengumpulan data berupa metode angket. Kemudian mengoleh data yang telah didapat dengan menggunakan rumus product moment sehingga dapat diketahui hasil dari penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019 pada siswa kelas VII masuk kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan rata-rata dari variabel X yaitu sebesar 80.45 dan standar deviasi sebesar 5.04. Sedangkan untuk variabel Y yaitu akhlak siswa di SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019 pada siswa kelas VII masuk kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan rata-rata dari variabel X yaitu sebesar 80.96 dan standar deviasi sebesar 9.49.
Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dengan akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019, peneliti menggunakan uji korelasi product moment pearson. Dari perhitungan uji korelasi product moment, diperoleh indeks korelasi sebesar sebesar rxy= 0.722. Setelah diperoleh indeks korelasi kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf 5% dan 1% dengan asumsi, jika rxy > rtabel berarti signifikan, artinya Ha diterima, H0 ditolak. Karena rxy= (0.722) >rtabel (0.355) (0.456) pada taraf signifikan 5% dan 1% yang berarti data signifikan, artinya Ha diterima. Jika diinterpretasikan pada tabel skala penafsiran koefisien korelasi, maka tingkat hubungan antara hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dengan akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019 adalah kuat. Adapun perhitungan koefisien determinan bahwa variabel X memberi kontribusi atau sumbangan 52.0% terhadap variabel Y.
Dari hasil yang diperoleh dari perhitungan uji signifikansi korelasi antara variabel X dan variabel Y, maka diperoleh sebesar 5.802. Karena thitung (5.802) > ttabel (2.039) (2.744), maka dapat dikatakan signifikan, baik pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dengan akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keling tahun pelajaran 2018-2019.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat memberikan sedikit sumbangan dan ide-ide berupa pemikiran yang digunakan sebagai usaha meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam hal pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti agar dapat memperoleh hasil belajar yang baik dan juga dalam pembentukan akhlak siswa. Saran bagi peneliti yang akan datang, hendaknya mencari pokok permasalahan lain yang mungkin mempengaruhi akhlak siswa sehingga menyumbangkan ide-ide kepada guru atau sekolah yang berkenaan. Saran bagi lembaga sekolah agar memperhatikan dan memantau akhlak siswa agar siswa memiliki akhlak yang baik. Saran bagi guru agar dapat meningkatkan proses pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat. Dan saran untuk siswa agar selalu meningkatkan belajar agar hasil belajarnya baik dan tetap berusaha berakhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); Budi pekerti; Akhlak siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:54
Last Modified: 20 Jul 2019 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9819

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics