Arif, Muhammad (2019) Inovasi pembelajaran al-Qur’an di lembaga Qur’an Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of PDF FULL.pdf]
Preview
Text
PDF FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Inovasi Pembelajaran Al-Qur’ān di Lembaga Qur’an Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian fenomenologi untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomana tentang materi, metode, guru al-Qur’ān dan evaluasi dalam inovasi pembelajaran al-Qur’ān di Lembaga Qur’an Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Pembelajaran Al-Qur’ān di Lembaga Qur’an Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data, display data dan kesimpulan.
Kajian ini menunjukkan bahwa Inovasi pembelajaran al-Qur’ān di Qur’ān Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang meliputi inovasi metode, inovasi materi, inovasi guru, dan inovasi pada evaluasi. Metode pembelajaran al-Qur’ān yang diterapkan di Lembaga Qur’an Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang adalah metode ummi. Pendekatan pembelajaran dalam metode ini memilki 3 unsur yaitu metode langsung, diulang-ulang,dan kasih sayang yang tulus. Materi pembelajaran al-Qur’ān di Qur’ān Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang meliputi buku metode ummi jilid 1 s/d jilid 6, ghorīb al-Qur’ān, tajwīd dasar, dan al-Qur’ān. Standar kelulusan peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’ān di QLC Hidayatullah adalah lulus dalam ujian munaqasyah. Materi ujian munaqasyah meliputi faşohah, tartīl al-Qur’ān, ghorīb al-Qur’ān, tajwīd dasar dan hafalan surat pendek / juz 30. Inovasi guru al-Qur’ān di Qur’ān Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang yaitu 1) guru harus menguasai materi, metodologi, mengajar al-Qur’ān dan mengevaluasi peserta didik, 2) guru yang mengajar al-Qur’ān harus sudah bersertifikasi, 3) guru harus menjaga konsisten master learning / ketuntasan belajar, 4) guru harus mampu mengaktifkan peserta didik, 5) koordinator yang handal, 6) rasio guru dan peserta didik yang proposional, 7) guru harus terbiasa membaca al-Qur’ān setiap hari, 8) berjiwa dā’i dan murobbī, 9) disiplin waktu, dan 10) komitmen pada mutu. Secara keseluruhan evaluasi / penilaian dalam pembelajaran al-Qur’ān di Qur’ān Learning Center (QLC) Hidayatullah Semarang adalah Murātul huruf, Murātul harakat, Murātul shifat, Volume (power suara), Murātul huruf, Murātul tajwīd, Murātul kalimat, Kelancaran, Nafas, Waqaf, Membaca ghorīb, Komentar ghorīb, Surat al-Fathihah, dan hafalan Surat pendek / juz 30/29.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Alquran; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:13
Last Modified: 25 Jul 2019 01:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9832

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics