Efektivitas model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi Biologi sel terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIPA MAN Kota Tegal

Inayatul Lutfi, Nur Layly (2019) Efektivitas model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi Biologi sel terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIPA MAN Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Namun model pembelajaran ini jarang diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi biologi sel di MAN Kota Tegal. Latar belakang tersebut menjadi dasar penelitian ini dengan rumusan masalah apakah model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi biologi sel efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIPA MAN Kota Tegal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi biologi sel terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIPA MAN Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik sampling Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil analisis uji-T diperoleh t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi (77,7) daripada kelas kontrol (68,13). Hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 64% dan kelas kontrol 51%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi biologi sel efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIPA MAN Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Biologi sel; Pembelajaran biologi; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:32
Last Modified: 26 Jul 2019 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9874

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics