Pengembangan modul kimia berbasis multi level representasi dan unity of sciences pada materi laju reaksi kelas XI di SMAN 1 Semarang

Wafda Ali, Nadiyya Aghna (2019) Pengembangan modul kimia berbasis multi level representasi dan unity of sciences pada materi laju reaksi kelas XI di SMAN 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Naskah Lengkap - 1403076009 - Nadiyya Aghna Wafda Ali.pdf]
Preview
Text
Naskah Lengkap - 1403076009 - Nadiyya Aghna Wafda Ali.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan modul berbasis multi level representasi dan unity of sciences dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi kimia pada bahan ajar yang tersedia serta anggapan dikotomi antara ilmu kimia dan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang mampu mempermudah peserta didik dalam memahami konsep kimia khususnya materi laju reaksi serta mampu menghilangkan anggapan dikotomi antara ilmu kimia dan agama Islam. Modul ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Tahap Disseminate tidak dilaksanakan karena pertimbangan keterbatasan waktu dan modul telah bisa dikatakan valid. Kualitas modul dapat diketahui dari validasi ahli materi, media, konten unity of sciences, serta respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi, media, dan unity of sciences menunjukkan bahwa kualitas modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dengan persentase berturut-turut sebesar 83%, 74,25%, dan 75%, sedangkan hasil respon peserta didik menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 88,8%. Hasil analisis pretest-posttest menghasilkan skor n-gain sebesar 0,76 dan termasuk kategori tinggi. Jadi, modul yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran serta perlu ditindaklanjuti melalui penerapan di kelas besar untuk mengetahui keefektifan modul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembeljaran; Bahan ajar mandiri; Representasi kimia; Unity of sciences; Integrasi sains dan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:22
Last Modified: 01 Aug 2019 08:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9911

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics