Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal

Ratna sari, Dewi Karunia (2019) Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada rendahnya minat belajar dan pengetahuan peserta didik mengenai aplikasi ilmu kimia dalam kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (pendesainan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan uji coba kelas kecil. Komposisi modul pembelajaran disesuaikan pada karakteristik CEP yang terlihat pada penyajian materi, belajar berwirausaha, kisah sukses inspiratif, dan latihan soal. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari MAN Kendal. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 82,69% dan 90,38% dengan rata-rata persentase 86,54% kategori sangat valid. Sedangkan dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon peserta didik modul dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83,35%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka modul pembelajaran kimia berpendekatan chemoentrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam dinyatakan layak dan bisa dilanjutkan untuk uji skala besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Chemo-Entrepreneurship; Pembelajaran kimia; Hidrolisis garam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:02
Last Modified: 12 Aug 2019 08:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics