Upaya membangun kerukunan umat beragama melalui Tradisi Sonjo : studi kasus di Ambarawa Kabupaten Semarang

Yulianingrum, Eureka (2019) Upaya membangun kerukunan umat beragama melalui Tradisi Sonjo : studi kasus di Ambarawa Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (1504036002_Skripsi_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia identik dengan keberagaman yang berbeda baik secara suku, ras, budaya, dan agama. Keberagaman itu merupakan sesuatu yang fitrah dan realistis. Keberagaman dalam hal agama menjadi bagian yang acapkali diperbincangkan. Mengingat bahwa tampaknya agama hadir dalam wajah ganda yaitu sebuah ambivalensi, dimana satu sisi agama merupakan sebuah ritus, liturgi, dan do’a, sedangkan sisi yang lain agama menjadi sebab pemicu adanya konflik sehingga mengakibatkan munculnya kekerasan atas nama agama. Berbeda dengan masyarakat yang ada di Ambarawa Kabupaten Semarang yang memiliki multiagama. Mereka masyarakatnya mampu hidup berdampingan dengan segala perbedaan yang ada. Masyarakat Ambarawa memiliki sebuah tradisi yang disebut dengan tradisi sonjo. Sonjo berarti berkunjung atau anjangsana, dimana pelaksanaan tradisi ini adalah ketika ada sanak keluarga atau tetangga yang meninggal dunia. Tradisi sonjo dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat Ambarawa. Dalam tradisi ini terdapat unsur kerukunan umat beragama yang dapat dilihat dari masyarakat yang mengikuti tradisi sonjo adalah masyarakat Ambarawa dengan tidak melihat agama setiap individu yang mereka yakini. Penelitian ini berangkat dari permasalahan bagaimana pelaksanaan tradisi sonjo dan tradisi sonjo dalam upaya membangun kerukunan umat beragama di Ambarawa Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tradisi sonjo dan upaya membangun kerukunan umat beragama di Ambarawa Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Adapun tahapan-tahapan yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa masyarakat Ambarawa masih sangaat menjaga tradisi sonjo sebagai bentuk dari upaya membangun kerukunan umat beragama yang ada di daerah tersebut. Dalam pelaksanaan tradisi sonjo menuntut seluruh elemen masyarakat dari agama apapun untuk mengikuti tradisi sonjo serta agar saling menghormati kehidupan sesama manusia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSuhandjati, SriNIDN2027045201
Thesis advisorAnshori, Ahmad AfnanNIDN2009087701
Uncontrolled Keywords: Kerukunan umat beragama; Tradisi Sonjo
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 394 General customs
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:31
Last Modified: 30 Dec 2019 02:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item