Pengembangan media pembelajaran matematika algebra operation board untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bentuk aljabar kelas VII MTS Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2018/2019

Afifah, Noor (2019) Pengembangan media pembelajaran matematika algebra operation board untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bentuk aljabar kelas VII MTS Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (1403056040_Skripsi_Lengkap)
Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi pada masalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Untuk itu, perlu adanya suatu media yang dapat mengubah materi abstrak menjadi konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Algebra Operation Board pada materi bentuk aljabar yang valid, praktis dan efektif untuk membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (research and development). Prosedur pengembangan media menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian adalah kelas VII J sebagai kelas kontrol dan kelas VII K sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif (analisis statistik uji t-test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran matematika Algebra Operation Board pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar pada aspek kevalidan menurut tim validator ahli (2 dosen) termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi dengan persentase rata-rata 92,3%. Kepraktisan media ini diperoleh dari tanggapan peserta didik dengan persentase rata-rata 78,48% dan guru matematika kelas VII dengan pesentase rata-rata 88,89%, sehingga media Algebra Operation Board termasuk dalam kategori praktis. Keefektifan media terhadap hasil belajar diperoleh rata-rata nilai posttest hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan rata-rata nilai sebesar 67,45 lebih baik daripada rata-rata nilai posttest hasil belajar kelas control dengan rata-rata nilai sebesar 58,121. Sedangkan dalam analisis hipotest uji t diperoleh t_hitung=2,443> t_tabel=1,667. Jika dilihat dari peningkatannya, hasil perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh N-Gain=0,32, sehingga terdapat peningkatan yang termasuk dalam kategori sedang. Disimpulkan bahwa media Algebra Operation Board efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Kudus pada materi bentuk aljabar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMaslihah, SitiNIDN2011067702
Thesis advisorSetiyaningsih, Sri IsnaniNIDN2030037702
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran matematika; Hasil belajar; Bentuk aljabar; Algebra Operation Board
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:41
Last Modified: 30 Dec 2019 06:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item View Item